Skip to main content

3 Remaja Jadi Jutawan Berkat Teknologi


Dunia digital membuka peluang tak terkira. Salah satunya: menjadi triliuner tanpa perlu menunggu rambut beruban terlebih dahulu. Semenjak masih remaja, sejumlah ABG geekkini telah menjadi Richie Rich.

Semua orang tahu, salah satu ikon Richie Rich 2.0 adalah Mark Elliot Zuckerberg, pendiri Facebook. Pemuda yang drop out dari Universitas Harvard dan kini berusia sekitar 27 tahun ini, telah menjadi kaya raya ketika usianya baru menginjak usia 20. Hingga Maret 2011, anak dokter gigi ini ditaksir memiliki kekayaan hingga US$13,5 miliar atau setara Rp121,5 triliun—yang menempatkan dia di daftar orang terkaya ke-19 di Amerika Serikat. Majalah Forbes mentahbiskan dia di posisi ke-52 orang terkaya sejagat. Goldman Sach menaksir Facebook tak kurang bernilai US$50 miliar.
Berikut adalah 3 remaja kaya karena teknologi:
1. Robert Nay

Pecandu mobile game dan pengguna iPhone pastinya tak asing dengan Angry Fish. Saking populernya, game ini sempat menduduki posisi nomor 1 aplikasi yang paling banyak diunduh di iTunes App Store. Namun, sejak awal 2011 lalu, tanpa ampun Angry Fish didepak oleh Bubble Ball, sebuah game baru ciptaan Robert Nay, seorang ABG berusia 14 tahun. Ini semacam puzzle game di mana pemain diuji kemampuan berpikirnya untuk membuat gelembung balon sampai di tujuan.

Game gratis ini, tercatat sudah diunduh dua juta lebih orang, hanya dua minggu semenjak diluncurkan. Dengan hitungan-hitungan kasar bahwa untuk setiap game yang diunduh, Apple membayar US$0,99–setara Rp9.000– Nay sudah mengantongi pendapatan sebesar US$2 juta atau Rp18 miliar, sekali lagi, hanya dalam dua pekan.

Seperti diberitakan laman ABC, Nay memulai mengenal dunia programming ketika dia pertama kali membuat halaman web saat dia duduk di bangku kelas tiga SD. Melihat bakat luar biasanya, teman-temannya lalu meminta dia membuat game sendiri.

Perjalanan Bubble Ball dimulai dari riset Nay di sebuah perpustakaan lokal. Di situ, dia menemukan program bernama Ansca Monile's Corona SDK (Software Development's Kit), yang membantu dia untuk menyederhanakan proses pemrograman game yang dirancangnya itu.

Selama sebulan lebih, Nay yang sekarang menjadi CEO Nay Games, menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari untuk menyelesaikan programnya—total terdiri dari 4.000 baris lebih kode program. Total biaya yang dihabiskannya sekitar US$1.200—berasal dari uang pemberian orangtua Nay, untuk membeli komputer Macintosh dan sejumlah software.

Sukses dengan Bubble Ball, Nay kabarnya sedang mempersiapkan game baru yang lain. Apa game itu, dia masih rapat merahasiakannya.


2. Mark Bao

Remaja ajaib lain adalah Mark Bao, saat ini berusia 18 tahun dan masih bersekolah di sebuah SMA di Boston, AS. Dalam usia semuda itu, Bao sudah memiliki 11 unit bisnis digital. Tiga di antaranya sudah berhasil dia jual.

Bao kini menjabat sebagai CEO Avecora, sebuah perusahaan yang dia gambarkan bertujuan untuk "mengubah secara fundamental cara kita berkomunikasi dan memfasilitasi interkoneksi antar semua orang dan perangkat komunikasi." Jaringan global ini rencananya akan dia luncurkan pada 2013. Selain itu, dia juga memiliki beberapa proyek startup lain seperti Genevine, Supportbreeze, dan Classleaf.

Tidak hanya itu, berpendirian bahwa "berkontribusi balik kepada masyarakat melalui mekanisme nonprofit adalah sesuatu yang sangat penting untuk saya", Bao mendirikan organisasi nonprofit, Genevine Foundation dan The Center for Ethical Business.

"Saya bergerak cepat. Saya ambisius. Saya hadir untuk membawa perubahan," begitu Bao mendeskripsikan dirinya.

Dalam sebuah wawancara dengan juniorbiz.com, Bao mengatakan cita-citanya adalah mengumpulkan kekayaan hingga US$10 miliar atau Rp90 triliun. Dari jumlah itu, 80 persen akan dia sumbangkan kepada organisasi nonprofit di bidang penelitian dan bantuan kemanusian. "Adapun 5 persen lainnya akan digunakan untuk membantu perusahaan startup untuk tumbuh," ucap Bao.

Bao—seorang imigran China—mulai menjadi teknopreneur sejak dia duduk di bangku kelas 5 SD. Menggunakan Visual Basic 6.0 dia menulis sebuah aplikasi sederhana untuk mengatur jadwal membuat PR dan membantu dia menulis makalah. Dia lalu mengkopi program itu ke disket dan menjualnya ke teman-teman sekolah.

Startup pertama dia diluncurkan di tahun pertamanya di SMA. Namanya Debateware.com. Ini adalah system manajemen even untuk organisasi debat. Bao dan partner bisnisnya berhasil menjual program ini ke sebuah organisasi debat terbesar di AS.


3. Adam Horwitz

Daftar Richie Rich tak bakal komplit tanpa memasukkan nama Adam Horwitz. Seperti ditulis juniorbiz.com, Horwitz memulai petualangan digitalnya ketika dia masih duduk di bangku kelas satu SMA di Pacific Palisades, saat berumur 15 tahun. Ketika itu ia membuat sebuah blog gosip gila-gilaan tentang teman-teman sekolahnya. Para orangtua yang was-was dengan dampaknya, memaksa dia menutup blog ini.

Horwitz lalu membuat Urban Stomp. Ini website yang menampilkan berbagai acara musik dan lokasi pesta di sekitar wilayah tersebut. Urban Stomp pernah berhasil mendatangkan 800 orang di sebuah pesta. Entah kenapa, dia memutuskan untuk menutupnya setelah beroperasi beberapa pekan.

Horwitz kini menjalankan perusahaan yang bertujuan mengajari remaja berumur 15 tahun ke atas untuk mencari uang online. Dia meluncurkan Mobile Monopoly dan Cell Phone Treasure, di mana masing-masing telah menghasilkan US$100 ribu atau sekitar Rp900 juta. Selain itu, dia juga sedang membangun satu platform baru, yang dinamainya Dude I Hate My Job. Ke mana-mana, ABG ini melesat dengan sedan mengkilat Audi A5 2010.

Dalam sebuah wawancana dengan juniorbiz, Horwitz mengatakan pebisnis muda seringkali menemui hambatan berupa stereotip dari masyarakat. "Orang pada awalnya tidak percaya pada saya. Teman-teman saya juga selalu beranggapan kamu tidak bisa berbisnis pada usia dini," katanya.

Padahal, kata dia, berbisnis mulai usia muda punya banyak keuntungan. Salah satunya adalah tidak harus membayar pajak karena masih tinggal bersama orangtua.

"JIka kamu seorang entrepreneur muda dan sedang berusaha membangun bisnis online raksasa, jangan pernah berpikir kamu tidak bisa mewujudkannya," Horwitz berpesan. "Dengan Internet, kamu bisa melakukan hamper apa saja

Popular posts from this blog

How to invite All facebook friends in 1 click

, A Facebook fan page is such an important part of promoting your business or blog or band or anything. Social media is now a days “part and parcel” of life. But how much of mouse tapping does it take to invite all your friends in one go, all my fellow bloggers know t
hat very well. So here I’ve found this excellent way to invite all the Facebook friends in just one click.


With the old Facebook design, there used to exist many Google Chrome extensions which used to easily let Page Admins to select all friends for sending a request to like a page. But with the new design, none of them worked. Inviting friends to like a page is such an important part. I already invited all my friends (800+) for many of my fellow bloggers and believe me it’s a big pain to select each and everyone with one click right on each of their profile picture in the list that pops up exactly just as shown in the image. Today one of my friends who is an emerging Guitarist made me an advertiser of the fa…

Cara Membuat Kue Kering Nastar Empuk

Membuat kue nastar tidak begitu sulit dan bahan-bahannya tidak jauh beda dengan kue kering yang lain serta dapat didapatkan di mana saja, supermarket, toko kelontong maupun pasaran. Resep kue kering nastar biasanya bisa diisi dengan selai nanas, keju, parutan kelapa atau nangka dan hiasannya bisa menggunakan keju, cengkeh dan lainnya. Maka dari itu, tampilan dan rasa kue nastar pastinya lebih menarik untuk disajikan saat lebaran.
Meskipun kue nastar rasanya enak dan empuk, namun kita sering menjumpai kue nastar yang rasanya terlalu manis atau bantat dan tidak mempunyai komposisi yang seimbang antara rasa dan isiannya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena terdapat beberapa kesalahan pada keseimbangan resep atau bahkan pada saat proses pembuatan. Nah, maka dari itu, saya akan memberikan ulasan cara membuat resep kue kering nastar yang enak dan lembut di lidah, berikut ulasannya. Ingredients Bahan-bahan adonan kue kering nastar nanas: 1 kilogram mentega1 kilogram tepung…

7 Top Reasons Why You Should Start a Blog

Recently there is a lot of discussion about the benefits of blogging. Almost every blogger comments that blogging has been immensely helpful. This might inspire you to start a blog of your own. But you may still be skeptical about its outcome. So, we have come up with seven such reasons that will make blogging a rewarding experience for you. I have already written a complete guide on How to start a blog using Blogger platform just visit the link How To Make a Blog



1. Increases your Network The first best thing about blogging is that it increases your network. You get connected to new people. Regular interaction with your new friend circle often renders positive impact in your professional and personal life too.
2. A canvas for your Creation Blog is the only personal space where you can become highly creative. You can change the way it looks. You can customize its contents and interface. You can also spend countless hours on it while nurturing your creative mind without be…

Resep Masakan – Mie Hitam

Ya, seperti namanya, mienya berwarna hitam, tapi jangan khawatir lidah dan gigi gak bakal ikutan jadi hitam, yang ada justru ingin lagi dan lagi. Tampilannya memang agak menakutkan, tapi rasanya menakjubkan. Rasa gurihnya mantap, lebih maknyuss dari mie-mie yang lain, karena terbuat dari campuran tepung dan cumi-cumi yang disisakan tintanya, tinta inilah yang membuat warnanya hitam. Jadi, tunggu apa lagi…siapa takut untuk cobain resepnya….
Bahan Mie Hitam :
250 gram tepung terigu protein tinggi6 buah kepala cumi (tinta jangan dibuang)75 gram tepung sagu1 butir telur ayam1 sendok teh garamBahan taburan (ayak) :
50 gram tepung terigu protein tinggi1 sendok makan tepung saguCara membuat Mie Hitam :
Haluskan dengan Blender kepala cumi dan tinta sampai halus.Aduk-aduk bahan sampai menggumpal. Diamkan selama 15 menit.Giling tipis di gilingan mie dengan ketebalan no. 8 (paling tebal no. 1). Potong dengan pemotong mie. Taburkan bahan taburan.Didihkan 1.000 ml air dan 1 sendok teh minyak gor…

Hotel di sekitar Jawa Timur

Bagi anda seorang Traveller  atau seorang pebisnis yang sering pergi keluar kota ketersediaan tempat untuk menginap adalah salah satu hal yang sangat di damba, untuk memudahkan anda  mendapatkan hotel dan penginapan terbaik di seputaran Jatim di bawah ini akan saya cantumkan hotel dan penginapan terbaik seputar Jawa Timur


1.  Hotel dekat Alun-alun Malang

2.  Sheraton Surabaya Hotel Towers

3.  Aston Madiun Hotel and Conference Center

4. Hotel Purnama Batu

5. Hotel Pelangi Malang yang Legendaris

6. Ijen Suites Resort and Convention Malang

7. Hotel Bromo Permai di Probolinggo

8. Hotel Majapahit Surabaya

9. JW Marriott Surabaya Hotel

10 .Bukit Daun Hotel and Resort Kediri


11. Crown Victoria Hotel Tulungagung


12. Ijen View Hotel Resort Bondowoso

Bagi anda yang ingin informasi lebih detail silahkan klik link-link diatas bandingkan Fasilitas serta hal unggulan yang mereka tawarkan supaya tidak seperti membeli kucing dalam karung anda akan puas dengan pelayanan dan jasa yang mereka tawarkan sesuai dengan …