Tuesday, June 20, 2017

Resep Bumbu Nasi Uduk Komplit

Hai pecinta kuliner, kini kami akan membahas mengenai salah satu menu sarapan pagi yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Diantara sekian banyak menu sarapan pagi, tampaknya Anda tak begitu asing dengan menu nasi uduk bukan? Salah satu menu alternative nasi yang memiliki rasa yang gurih dan enak ini memang pas disajikan untuk sarapan pagi. Nasi yang satu ini dapat memberikan energi yang lebih untuk Anda beraktifitas. Kali ini kami akan memberikan Resep Bumbu Nasi Uduk Komplit bagi Anda yang ingin memberikan menu sarapan yang berbeda bagi keluarga Anda di rumah.

Nasi Uduk Komplit biasanya banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai nama yang berbeda. Seperti di daerah melayu yang biasa menyebut nasi uduk dengan nasi lemak. Hidangan ini memang biasa disantap sebagai sarapan pagi dan dihidangkan dalam kondisi yang masih hangat. Namun, nasi uduk juga tidak selalu dihidangkan sebagai menu sarapan pagi, di beberapa daerah nasi uduk dihidangkan pada malam hari dengan ditemani lauk seperti pecel lele atau pecel ayam dengan Sayur Buncis, atau Sayur Toge Teri Pedas dan sambal terasi yang membuat makan semakin meriah.

Membuat nasi uduk dengan bumbu yang komplit ini sangat mudah dan bisa Anda lakukan dengan teknik tradisional atau dengan menggunakan Rice Cooker jika Anda ingin memasak nasi yang lebih praktis. Rasa gurih dari nasi uduk didapatkan dari santan yang dijadikan sebagai pengganti air dalam memasak beras. Sehingga Anda akan mendapatkan rasa yang unik dan berbeda ketika memakan nasi uduk. Disajikan dengan lauk pelengkap akan menambah cita rasa nasi uduk yang membuat lidah Anda tidak berhenti bergoyang. Penasaran bukan, bagaimana cara membuat nasi uduk yang enak dan gurih. Yuk simak liputan blog ResepHariini.Net berikut ini.



Yuk, siapkan buku catatan Anda dan alat tulis Anda dan mulai mencatat bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat nasi uduk. Berikut bahan-bahan / bumbu nasi uduk komplit yang bisa Anda persiapkan, diantaranya adalah:
  • Beras sebanyak 300 gram
  • Santan sebanyak 450 ml yang diambil dari 1 buah kelapa
  • Garam sebanyak 1 ½ garam atau sesuai dengan selera
  • Daun salam sebanyak 2 lembar
  • Cengkeh sebanyak 2 butir
  • 1 batang serai yang kemudian di geprek
  • Daun pandan sebanyak 2 lembar
  • Bawang Merah goreng untuk dijadikan bahan tabur
Untuk melengkapi cita rasa nasi uduk Anda bisa menghidangkan nasi uduk dengan berbagai lauk pendamping, diantaranya adalah:
  • Tempe kering
  • Bihun goreng
  • Sambal kacang
  • Irisan mentimun
  • Irisan telur dadar
  • Sambal
  • Kerupuk
Setelah Anda mempersiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat nasi uduk, selanjutnya adalah tahap pembuatan nasi uduk. Kali ini kami akan memberikan Resep Bumbu Nasi Uduk Komplit enak yang dimasak dengan menggunakan teknik memasak menggunakan rice cooker. Menggunakan rice cooker akan lebih mudah dan praktis selagi Anda memasak bahan pelengkap yang lain. Berikut tahap demi tahap cara pembuatan nasi uduk yang enak dan gurih, diantaranya adalah:
  1. Pertama sekali adalah cuci bersih beras yang ingin digunakan untuk memasak nasi uduk. Sebaiknya cuci beras dengan menggunakan air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran yang masih tersisa dalam beras.
  2. Lalu masukkan santan beserta dengan daun salam, cengkeh, batang serai yang telah digeprek, cengkeh, daun pandan serta garam. Kemudian masukkan beras ke dalam wadah rice cooker.
  3. Kemudian aduk semua bahan sampai rata dan santan meresap ke dalam beras.
  4. Nyalakan rice cooker anda dan siap memasak.
  5. Masak beras sampai matang.
Selagi Anda memasak nasi uduk, Anda bisa mempersiapkan bahan pelengkap lain seperti sambal kacang, bihun goreng, telur dadar, kering tempe serta menggoreng kerupuk. Bahan pelengkap ini akan siap sedia bersamaan dengan nasi uduk yang tengah Anda masak di rice cooker. Anda bisa menggunakan berbagai resep yang biasa Anda gunakan dalam membuat bahan pelengkap yang sesuai dengan selera keluarga Anda semuanya.
Demikianlah Resep Bumbu Nasi Uduk Komplit yang bisa Anda coba di rumah sebagai pengganti menu nasi yang biasa Anda hidangkan. Dengan mengganti menu akan memberikan masakan yang lebih bervariasi sehingga tidak menimbulkan kebosanan akan hidangan nasi yang merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Resep Bumbu Nasi Uduk Komplit
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email