Tuesday, June 6, 2017

Resep Kue Basah Bolu Cake


Tutorial masakan selanjutnya akan dibahas mengenai cara membuat kue bolu manis rasa coklat namun memakai bahan yang relatif simpel serta gampang didapatkan. Gak perlu lagi membuat topping dan aneka campuran yang jlimet yang susah dipraktekkan oleh para pemula dalam belajar memasak kue, khususnya kue basah. Walau sederhana, kue bolu berhasil memikat banyak orang penggemar aneka kue, ini terlihat betapa banyak pengguna internet yang mencari dan menggali info-info seputar kue bolu baik melalui pc, gadget, atau perangkat keras lain.

Mengerucut lagi megenai rasa apa yang paling dominan pada kue bolu, kebanyakan pasti akan berpikir rasa coklat. Iya, itulah ciri khas dilihat dari jenis rasanya. Berbicara masalah karakteristik bolu, nanti akan ditemukan macam-macam bolu yang tidak lagi asing di telinga anda. Bolu adalah nama kue basah yang masih umum. Yang lebih khusus lagi anda tentunya tahu yang namanya kue tart, sejenis kue bolu dengan topping sebagai penghias terdiri atas lapisan mentega, fondan ataupun manzipan. Kue tart adalah kue khusus untuk merayakan ulang tahun atau hari-hari khusus seseorang dalam memperingati sesuatu yang istimewa. Lalu puding, sebagian orang mengkategorikan puding ke dalam bolu. Bolu dipadukan agar-agar akan menghasilkan kue khusus yang bernama puding. Dan bolu-bolu lainnya yang sudah divariasikan pastinya, termasuk brownies yang sudah anda kenal sejak kecil.

Dilihat dari bagaimana cara bikinnya, kue bolu terbagi jadi dua macam. Yang pertama adalah butter cake/cream cake, cara buatnya dgn mengocok gula bersama mentega menjadi sebuah cream. yang kedua adalah foam cake, cara buatnya dgn mengocok gula bersama telur menjadi adonan seperti busa yang halus dan kental.

Resep Kue Basah

Kue bolu pun butuh bahan tambahan sebagaimana kue pada umumnya yang berperan dalam pembentukan tekstur, apalagi kue bolu dikenal dengan teksturnya yang empuk dan mengembang seperti spon. Yang mampu membuat seperti itu adalah ovalet, semacam (misalnya TBM dan SP) bermanfaat  untuk menambah volume pada kue dan pembentukan tekstur yang halus dan lembut. Kompisisinya adalah turunan asam lemak (nabati atau hewani). Waspadai ovalet yang berasal dari lemak babi!

Bahan :
  • tepung terigu (3 ons)
  • susu bubuk putih (5 sndok mkan)
  • vanili (2 bungkus kecil )
  • ovalet ( sndok mkan)
  • mentega ( kilo)
  • telur (12 butir) bagian kuning dan putihnya dipisah
  • gula halus ((3/8 kilo)
  • cokelat bubuk ( kardus)
Pembuatan:
  1. Mix keempat bahan ini (ovalet, mentega, gula dan vanili), cukup sampai mengembang saja tak perlu lama-lama
  2. Setelah mengembang, masukkan kuning telor satu satu sembari di-mix hingga semua tercampur rata.
  3. Lalu giliran tepung terigu masukkan. Mix terus sampai jadi adonan yang kalis.
  4. Lalu tuang susu bubuk, mix lagi.
  5. Kemudian cokelat bubuk, mix. Sisihkan.
  6. Kembali ke putih telur, sebelum dicampur bersama adonan di atas, mix dulu hingga terlihat mengembang. Baru dicampur ke adonan.
  7. Terus di-mix sampai rata ke seluruh bagian ya.
  8. Cari cetakan yang anda suka, bisa bundar, lonjong atau kotak. Tuanglah adonan pada cetakan itu.
  9. Atur oven dengan suhu 25C. Panggang adonan bolu selama 40 mnt / sampai matang pada oven tersebut.
  10. Buka panggangan dan angkat bolu yang sudah tercium aroma harumnya.
  11. Selamat menikmatinya.
Sedikit tips buat anda, pada saat pengocokan mentega cukup dilakukan hingga mengembang saja dan tak boleh lama-lama, apalagi menggunakan mixer. Ini dikhawatirkan akan over-mix, dan tentu berpengaruh pada kue nanti. Ini berlaku juga dalam pembuatan kue kering. Oke, langsung diterapkan di dapur masak anda ya.

Artikel Terkait

Resep Kue Basah Bolu Cake
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email