Informasi tekhnologi, travelling, masakan dan berbagai hal menarik

Ini Lho yang Menarik dari Objek Wisata Kawah Ijen

Akan selalu ada keindahan menakjubkan yang ditawarkan alam Indonesia, salah satunya adalah adanya objek wisata kawah ijen ini. Ya, kawah ijen adalah sebuah objek wisata alam yang ada di pulau Jawa yang paling banyak dikunjungi para wisatawan domestik dan mancangera.
Objek wisata ini adalah bagian dari cagar alam wisata ijen, jika dilihat secara administratif, kawah ijen ada di dalam dua wilayah kabupaten, yakni Banyuwangi dan Bondowoso. Yang mana kawah ijen ada di atas ketinggian sekitar 2.368 meter dari atas permukaan laut, yang merupakan satu bagian dari gunung ijen, salah satu gunung berapi yang hingga kini masih aktif.



Kawah dengan luasan sekitar 20 kilometer persegi ini dikelilingi oleh dinding kaldera setinggi 300 hingga 500 meter. Selain itu, kandungan asam yang ada di kawasan wisata ini hampir mendekati angka nol, dengan suhu mencapai 200 derajat celcius.

Tapi, tenang saja, selama Anda ada dalam jarak aman, kawah ijen ini tidak berbahaya. Hanya saja kandungan belerangnya yang cukup tinggi, sehingga Anda diwajibkan untuk menggunakan masker, demi kenyamanan saat bernapas.

Hal menarik apa yang ada di objek wisata kawah ijen ?

Pesona api biru yang menakjubkan
Apabila Anda ingin menyaksikan pesona keindahan yang luar biasa, maka coba mendaki di dini hari Kawah ijen menyimpan sebuah keajaiban lainnya, pada bagian bawah kawah, yang terdapat sebuah blue fire atau api biru yang jadi keunikan tersendiri dari tempat wisata ini. Api biru yang cantik ini berasal dari cairan belerang, yang nanti akan mengering dan jadi bahan tambang warga setempat.
Lokasi penambangan belerang tradisional di Indonesia
Perlu Anda ketahui, bahwa di Indonesia sendiri terdapat dua tempat penambangan belerang tradisional, yang salah satunya di kawah ijen. Proses penambangan di sini masing sangat sederhana, dan juga tidak memakai alat canggih, bahkan tanpa didukung oleh perlengkapan keselamatan yang memadai.
Survenir khas objek wisata kawah ijen
Saat berkunjung ke tempat wisata, rasanya belum lengkap jika tidak membeli beberapa survenir khasnya, apa yang bisa Anda peroleh dari objek wisata kawah ijen? Di objek wisata ini, tepatnya di pos paltuding , ada beberapa warung sederhana yang menjual makanan pada para penambang, akan tetapi tidak jarang banyak wisatawan yang mampir dan menikmati makanan serta minuman hangat di sini. Yang menarik di sini, ada sebuah warung yang menjual suvenir khas kawah ijen yang terbuat dari bambu semacam miniatur unik.
Nah, itu tadi beberapa hal menarik dari objek wisata kawah ijen yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya, semoga bisa menginspirasi.



Ini Lho yang Menarik dari Objek Wisata Kawah Ijen