Sunday, August 6, 2017

Resep Bumbu Nugget Ayam Praktis

Bosan mengolah ayam yang itu-itu saja? Cobalah ibu buat menu baru dari Ayam yang lain dari biasanya dan belum pernah ibu buat. Kami akan memberikan Bumbu Nugget Ayam praktis dan bergizi yang sangat mudah ibu buat sendiri di rumah. Nugget Ayam yang akan ibu buat rasanya tidak akan kalah dengan nugget ayam kemasan yang dijual di toko-toko. Hal menariknya adalah ibu dapat lebih hemat apabila membuat nugget sendiri, serta nugget ayam ini lebih sehat karena tidak mengandung bahan pengawet. Ibu masih dapat menyimpannya di dalam lemari es sampai beberapa hari jika tidak langsung menggorengnya dalam sekali waktu. Membuat Nugget sendiri tidak serumit yang ibu bayangkan, karena dengan bahan-bahan sederhana dan bumbu-bumbu yang biasa tersedia di dapur, ibu sudah dapat menyulap daging ayam giling menjadi lauk yang enak dan sehat. Pada Resep Masakan Bumbu Nugget Ayam Praktis kali ini juga terdapat bahan-bahan yang bergizi tidak hanya dari daging ayam sendiri, karena ibu dapat menambahkan roti tawar, Wortel, dan telur sebagai bahan bakunya. Kandungan nutrisi dari nugget ayam yang akan ibu buat tidak hanya protein hewani saja tetapi juga terdapat sumber vitamin dari Sayur – Sayuran yaitu dari wortel. Langsung saja ibu dapat menyiapkan bahan-bahan seperti berikut ini.


 
Bahan / Bumbu :
  • ½ kg daging ayam giling
  • 6 lembar roti tawar, ambil bagian dalam atau bagian putihnya saja
  • 2 batang wortel
  • 100 ml air matang
  • 5 buah bawang putih
  • 3 butir telur ayam, kocok lepas dan 2 butir telur ayam untuk bahan pencelup
  • Gula pasir sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk atau merica butiran yang dihaluskan
  • Margarin atau minyak goreng untuk olesan loyang
  • Tepung roti secukupnya, untuk bahan pencelup
  • Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat :
  1. Bersihkan wortel, kemudian parut sampai halus, sisihkan. Uleg juga bawang putih dengan ulegan tradisional sampai bawang putih halus, sisihkan.
  2. Hancurkan putih roti tawar sampai cukup halus, kemudian campurkan semua bahan kecuali minyak goreng, margarin, dan bahan pencelup. Campur sampai rata.
  3. Olesi loyang dengan margarin atau minyak goreng tipis-tipis sampai rata. Masukkan adonan nugget ayam pada loyang dan atur atau ratakan.
  4. Siapkan juga kukusan sampai airnya mendidih dan kukus nugget ayam selama 30 menit. Matikan api lalu tunggu sampai adonan ini menjadi dingin agar mudah ketika memotongnya.
  5. Langkah membuat nugget ayam selanjutnya adalah ambil adonan nugget yang sudah selesai dikukus kemudian potong-potong sesuai selera.
  6. Kocok lepas 2 butir telur ayam sebagai bahan pencelup, kemudian celupkan potongan nugget ke dalam telur ini. Siapkan juga tepung roti secukupnya dan gulingkan pada tepung roti tersebut sampai semua permukaan nugget tertutup tepung panir.
  7. Goreng nugget dengan api kecil sampai berwarna keemasan. Simpan sisanya di dalam freezer dengan wadah tertutup.
Nah, jadi sudah nugget ayam enak buatan ibu. Sebenarnya ibu juga dapat menambahkan daun seledri sebagai bahan baku adonan Resep Bumbu Nugget Ayam Praktis dan bergizi, jadi warnanya tidak hanya dari warna wortel saja. Nugget ayam selain dapat dikonsumsi sendiri, juga dapat disajikan untuk menu makan bersama keluarga besar atau menghidangkan untuk tamu. Nugget ayam ini juga sangat cocok untuk bekal sekolah anak. Jika banyak yang suka dengan nugget buatan ibu, justru ibu bisa membuka bisnis nugget rumahan yang siapa saja dapat memesan kepada ibu.

Artikel Terkait

Resep Bumbu Nugget Ayam Praktis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email