Informasi tekhnologi, travelling, masakan dan berbagai hal menarik

Sejarah Masakan

Cara memasak tertua dikenal sampai saat ini adalah membakar…. tidak ada yang tahu persis bagaimana manusia purba menemukan teknik ini, namun para ahli menduga bahwa mungkin manusia menemukannya dari ketika mereka memakan daging hewan yang mati dalam kebakaran hutan.


Teknik pembakaran dan pemanggangan di atas bara api sendiri bisa ditemukan mulai dari masyarakat yang paling terisolir dan primitif sampai manusia modern. Namun kelihatannya, kunci untuk memasuki fase variasi memasak yang lainnya, muncul ketika manusia menggunakan tanah liat untuk alat memasak (pot masak). Berdasarkan bacaan yang saya kutip, sejak era neolitik, manusia mulai menggunakan gerabah sebagai bagian dari alat-alat dapur dan masak yang sederhana.
Dengan penemuan tanah liat, dan juga dengan teknik memasak dengan batu, manusia menemukan cara2 lain seperti merebus makanan, mengasap daging, sampai membuat oven tanah liat.
Seiring waktu, variasi memasak juga menjadi semakin advanced dengan munculnya dan berkembangnya cara-cara bercocok tanam. Pada masa-masa ini, manusia juga belajar mengolah tumbuhan untuk pelengkap makanan, khususnya biji-bijian, yang kemudian menjadi sumber karbohidrat di meja makan.
Variasi olahan biji-bijian yang dijadikan sumber karbohidrat dapat berupa bubur, atau campuran biji-bijian yang dihancurkan, ataupun rumput-rumputan, yang dicampur air, dihancurkan (ditumbuk) atau dimasak langsung, dibakar, ataupun membuat roti, yang dalam hal ini kita bukan hanya bicara roti hasil fermentasi ragi, tapi juga teknik membuat roti dari memanaskan pasta tetumbuhan. Biji-bijian dari tumbuhan rumput-rumputan dihancurkan dalam suatu wadah dan dicampur air, dan kemudian olahannya yang berbentuk pasta kental, dituang ke atas batu panas, sampai terbentuklah lapisan yang mengeras dan dapat dimakan…jadilah Roti Pertama!!




Sejarah Masakan