Thursday, October 5, 2017

Terasi

Terasi adalah produk awetan dari ikan atau udang rebon segar yang telah diolah melalui proses pemeraman atau fermentasi, disertai dengan proses penggilingan dan penjemuran yang berlangsung relatif lama ( sekitar 20 hari ).

 
Terasi umumnya berbentuk padat, teksturnya agak kasar, dan mempunyai kekhasan berupa aroma yang tajam namun rasanya sangat gurih. Terasi yang diperdagangkan ada 2 macam, yaitu terasi udang dan terasi ikan. Terasi udang biasanya mempunyai warna cokelat kemerahan, sedangkan terasi ikan berwarna kehitaman.

Dalam praktiknya, sebagian produsen terasi yang nakal ada yang menggunakan ikan busuk atau limbah (kepala) udang sebagai bahan bakunya. Meski murah, terasi seperti ini kualitasnya buruk dan membahayakan kesehatan.

Melihat dari bahan bakunya, terasi mempunyai kandungan protein, kalsium dan yodium yang cukup tinggi. Namun kandungan tersebut tidak begitu banyak berperan, karena fungsi terasi yang hanya sebagai penyedap mengakibatkan pemakaian terasi dalam masakan sangat sedikit.

Artikel Terkait

Terasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 comments

October 6, 2017 at 10:41 PM delete

Wow.. ada post tentang terasi, sangat jarang lho... hehe
Di tempat saya (Jawa Barat) mah terasi jadi makanan favorit yaitu sambal terasi.. kalau makan tanpa penganan yang satu ini rasanya ada yang kurang, hehe...

Reply
avatar
October 7, 2017 at 12:57 AM delete

SEKALI-KALI KANG PERLU JUGA DIULAR MAKANAN PENDUKUNG MASAKAN SEPERTI INI

Reply
avatar
October 7, 2017 at 3:19 AM delete

Sip.. bagus itu om.. kadang ada orang yang mencari informasi tentang sesuatu yang jarang diposting seperti terasi ini.. dan kemungkinan masuk halaman 1 pencarian google semakin besar..

Reply
avatar