Tuesday, May 23, 2017

Hujan Abadi di Air Terjun Madakaripura Probolinggo


Kota Probolinggo ternyata banyak menyimpan potensi keindahan alam yang sayang untuk di lewatkan. Kota di kawan tapal kuda di Propinsi Jawa Timur ini juga terkenal sebagai penghasil buah mangga berkualitas, salah satunya adalah mangga arumanis yang banyak disukai. Salah satu tempat wisata di Probolinngo yaitu Air Terjun Madakaripura yang eksotis. BIasanya para wisatawan yang berkunjung melakukan wisata gunung Bromo pasti akan menyempatkan diri berkunjung ke sini.

Air Terjun Madakaripura yang Eksotis

Air Terjun Madakaripura termasuk air terjun tertinggi nomer dua di Indonesia sesudah Air Terjun Sigura-gura yang ada di Sumatera Utara. Air Terjun Madakaripura ini juga mendapat sebutan Air Terjun Abadi. Hal ini disebabkan lantaran curahan air yang tidak pernah berhenti mengalir, ini sungguh merupakan tanda kebesaran Tuhan. Lokasi Tempat Air Terjun Madakaripura letaknya berada d idesa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur Indonesia.
Air Terjun Madakaripura Probolinggo Jawa Timur, merupakan salah satu di antara banyak tempat wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alam berupa air yang jatuh dari ketinggian serta membuat gorden atau tirai serta dikelilingi oleh tebing-tebing yang begitu kokoh serta tinggi. Air terjun Madakaripura masih termasuk wilayah lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS. Konon tempat ini merupakan salah satu di antara tempat bertapa Patih Gajah Mada yang legendaris dari kerajaaan Majapahit itu.
Pesona dan keindahan Air Terjun Madakaripura bisa menghipnotis semua yang memandangnya, air terjun ini letaknya cukup dekat Gunung Bromo Jawa Timur. Sehingga para wisatawan yang melakukan kunjungan ke Gunung Bromo dapat mengagendakan untuk singgah berwisata ke Air Terjun Madakaripura Probolinggo.
Untuk menuju ke tempat wisata Air Terjun Madakaripura Jawa Timur para wisatawan bakal dipastikan melalui jalan berbatu serta menyeberangi sungai, berbagai panorama dan pemandangan yang menyejukan mata bisa tampak di dinding-dinding tebing menuju air terjun madakaripura ini. Diperlukan waktu hanya lebih kurang 20 menit jalan kaki untuk menuju pintu masuk wisata ini, namun anda tidak bakal rugi lantaran pesonanya Air Terjun Madakaripura dapat mengobatinya lelah dan penatnya perjalanan menuju lokasi.
Sesudah 20 menit perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura, bunyi nada gemuruh air terjun akan mulai terdengar. Karena ini merupakan tempat berair yang basah, maka bisa dipastikan Anda akan memerlukan bawa/buat persiapan semua suatu hal menuju obyek wisata ini seperti : Payung, Jasa Hujan, kantong plastik dan lain-lain. serta tidak lupa anda kami sarankan menggunakan alas kaki seperti sandal gunung lantaran di tempat ini banyak batu-batunya begitu licin agar tidak mudah terpeleset.

Konon menurut legenda kitab Negarakertagama, Lokasi air terjun Madakaripura merupakan lokasi yang diberikan Raja Hayam Wuruk kepada Patih Gaja Mada. Itulah sebabnya kenapa tempat ini jadi tempat meditasi yang terakhir bagi Patih Gajah Mada yang legendaris itu. Menurut kepercayaan Jawa Kuno Patih Gajah Mada bertapa serta meraih moksa, yakni menghilang dari bumi dengan cara fisik serta spiritual, di tempat ini ada patung Patih Gajah Mada. Sering ditemui beberapa orang melakukan tirakat di tempat ini terlebih lagi pada saat malam 1 syuro dalam penanggalan Jawa.

Rute akses jalan menuju Air Terjun Madakaripura

Kami menganjurkan anda menyewa mobil supaya lebih mempermudah perjalanan anda agar dapat beristirahat selama perjalanan. Untuk menuju air terjun hujan abadi ini bila dari kota Surabaya terlebih dahulu menuju ke Kota Probolinggo, dan lama perjalanan ini bisa ditempuh sekitar 3 jam bila kondisi jalan tidak macet, lantaran bakal melalui rute Sidoarjo-Porong-Pasuruan-Probolinggo yang dikenal sering terjadi kemacetan, lebih-lebih di akhir pekan atau liburan.
Setiba di Probolinggo anda dapat melanjutkan perjalanan menuju daerah yang bernama Tongas, sesampai di daerah Tongas anda bakal temukan satu pertigaan kecil dengan sebuah Tugu ditengahnya, yang selanjutnya anda dapat menjumpai sebuah papan penunjuk arah menuju obyek wisata ini, serta jalan menuju Wisata Gunung Bromo. Anda dapat meneruskan perjalanan ketempat Wisata ini dengan saat kurang lebih 30 menit, anda tinggal mengikuti saja papan petunjuk arah menuju Lokasi.
Pesan yang situs hotel jatim terima dari penduduk sekitar bahwa saat mengunjungi air terjun mada karipura disarankan segera meninggalkan tempat ini sebelum jam 2 siang. Karena pada wktu sekitar ini sering terjadi hujan yang sangat mempengarurudi debit air di air terjun madakaripura yang biasanya meningkat tajam, dan ini sangat berbahaya. Maka untuk itu sangat diharapkan meninggalkan tempat sebelum jam dua siang demi keselamatan anda.

Beberapa tips untuk anda saat berwisata di air terjun madakaripura:

  1. Bila anda menggunakan jasa pemandu atau guide terlebih dulu pastikan dan buatlah kesepakatan ongkosnya.
  2. Karena di sini merupakan tempat yang basah maka disarankan membawa payung atau jas hujan sendiri agar tidak perlu sampai menyewa, dan jangan lupa membawa pakaian ganti untuk jaga-jaga karena cipratan air terjun cukup kencang.
  3. Saat memarkir sepeda motor bilang ke juru parkir untuk tidak mencuci motor, sebab mereka biasanya akan mencuci motor dan menarik ongkos saat kita ambil motor di tempat parkir

semoga bermanfaat