Saturday, June 3, 2017

Resep Kue Talam Ubi Ungu


Ubi ungu memiliki kandungan karbohidrat yang sangat banyak yang dapat mengenyangkan perut, namun karena mengenyangkan perut dan jika dimakan terasa serat sehingga banyak orang yang tidak menyukainya. Maka dari itu, muncullah inovasi makanan dari ubi ungu yaitu resep kue talam ungu, makanan ini sering dijumpai berjejer dengan jajanan pasar lainnya. Ya, ubi ungu bisa dibuat menjadi kue talam ubi ungu khas Indonesia dan termasuk kue tradisional yang mempunyai tekstur lembut.

Kue talam merupakan salah satu kue tradisional yang prosesnya di kukus. Sebenarnya tidak hanya talam ubi saja yang bisa di buat, namun juga bisa menggunakan kentang dan ebi. Akan tetapi, karena ubi ungu sudah memiliki pewarna yang alami sehingga banyak orang yang membuat kue talam ubi ungu, alasannya karena tidak menggunakan pewarna makanan dan lebih hemat. Selain itu, pengembangan inovasi dari resep kue talam ubi ungu ini tetap menghasilkan kue tradisional yang menarik dan juga lezat.

Bagi Anda yang memiliki ubi ungu di rumah, jangan didiamkan saja namun dimanfaatkan untuk membuat kue talam yang lembut ini. Tenang saja, soal bahan dan proses pembuatan resep kue talam ubi ungu karena bahannya mudah dijangkau dan harganya relatif murah serta hemat kantong dan untuk proses pembuatannya sangat mudah asalkan Anda mengikuti prosedur yang akan di ulas di bawah ini dengan sistematis sehingga kue talam buatan Anda 

Resep Kue Talam Ubi Ungu

Bahan lapisan atas kue talam ubi ungu:
  • 300 ml santan kental
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram tepung beras
  • 100 gram tepung kanji
  • 400 gram ubi ungu sudah dikukus dan dikupas kulitnya
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan agar-agar bubuk
Bahan lapisan bawah kue talam ubi ungu:
  • 200 ml santan kental
  • 50 gram tepung kanji
  • 1 sendok makan tepung beras
  • 1 sendok makan garam
Instructions
  1. Pertama-tama kita akan membuat lapisan atasnya dengan cara haluskan ubi ungu dan campurkan dengan tepung beras, tepung kanji, agar-agar, garam santan kental serta gula pasir aduk adonan hingga tercampur dengan rata.
  2. Berikutnya, olesi cetakan kue talam menggunakan minyak goreng tipis saja lalu masukkan adonan ke dalam cetakan tersebut.
  3. Kukus adonan selama 5-10 menit atau hingga adonan matang.
  4. Sembari menunggu kukusan kue lapisan pertama matang, siapkan bahan untuk membuat lapisan bawah yaitu campurkan tepung kanji, tepung beras, santan dan garam diaduk hingga merata.
  5. Berikutnya, tuangkan adonan ke dalam lapisan bawah lalu kukus kembali hingga matang.
  6. Setelah matang, angkat kue dan didinginkan untuk menikmatinya.
Resep kue talam ubi ungu merupakan makanan tradisional atau sering disebut juga jajanan pasar. Karena memiliki tekstur yang lembut kue basah ini cocok untuk anak-anak dan balita apalagi untuk nenek atau kakek yang sudah tidak ada giginya. Kue talam banyak di jumpai di pasar tradisional dan harganya cukup murah.

Itulah ulasan mengenai kue talam ubi ungu yang lezat, selain warna ungu yang khas kue talam juga bertekstur lembut. Kue talam bisa digunakan sebagai camilan dan bisa juga sebagai oleh-oleh yang tentunya sangat menarik. Bagi Anda yang memiliki ubi jalar ungu, manfaatkan dengan baik ya, karena sudah dipaparkan penjelasan dengan simpel dan mudah cara membuat kue talam ubi ungu yang enak. Terima kasih dan selamat mencoba.

Jembatan Cinta Pulau tidung


Jembatan cinta ini adalah jembatan yang berfungsi menghubungkan antara pulau tidung besar dan pulau tidung kecil. Anda tentu sering melihat di video youtube, atau di media social facebook yang mengungkapkan ekspresinya dengan meloncat dari sebuah jembatan. Ya, disinilah salah satu jembatan yang lompatan-lompatan ekspresi itu dilakukan. Jembatan ini menjadi objek utama yang menarik di wisata pulau tidung. Banyak sekali media public yang tertarik untuk mengekspos keberadaan jembatan yang indah ini sembari mereka berekreasi menikmati pesona wisata alam yang luar biasa indah ini dan terhitung paket pulau tidung ini termasuk paket wisata yang murah.

Keberadaan pulau tidung ternyata juga belum banyak di ketahui oleh warga dari kota Jakarta sendiri. Bahkan ada yang terheran kalau ternyata di Jakarta mempunyai obyek wisata yang indah seperti pulau tidung. Mereka yang sering menghabiskan wisata ke pulau Bali menganggap kalau pulau tidung tidak kalah menarik di banding dengan pulau Bali. Bahkan ada yang sampai berargumen “Kalau tahu di Jakarta ada wisata yang indah seperti kita, kita tidak perlu jauh-jauh menghabiskan liburan di pulau Bali. Karena fasilitas wisata di pulau tidung ini ternyata juga sangat lengkap, terutama Jembatan Cinta yang Indah”. Oleh karena itu tidak ada salahnya anda mencoba paket wisata ke pulau tidung