Sunday, July 2, 2017

Resep Soto Kudus Asli Enaknya


Berbicara masalah soto. Saya punya cerita unik tentang soto kudus. Walaupun pada saranya soto kudus ini hamper sama dengan soto – soto yang lainnya. Tapi kalau anda sadar, soto Kudus tak pernah menggunakan sapi sebagai daging isiannya. Pada umumnya soto kudus menggunakan ayam sebagai daging isiannya, atau bahkan kerbau kalau di masyarakat tradisionalnya. Mengapa tidak menggunakan sapi? Dalam sejarah persotoan di kudus, hehe, soto Kudus tidak mengunakan sapi karena penghormatan untuk para pemeluk Hindu di daerah Kudus. Bagi pemeluk Hindu, sapi adalah hewan yang di anggap suci.

Dengan suwiran ayam dan taoge di atasnya, soto Kudus memiliki tradisi unik dalam penyajiannya. Yaitu dihidangkan di mangkuk kecil ditemani sambal dan jeruk nipis. Kuah soto Kudus juga cenderung bening dan lebih segar. Wah mengandung 2 hal penting nih ya, hal pertama adalah kenikmatan dari soto Kudus sendiri, hal kedua adalah menghormati pemeluk Hindu. Dengan sedikit cerita di atas, mungkin anda penasaran, bagaimana ya membuat soto Kudus?

Seperti biasanya, sebelum memasak, kita siapkan bahan – bahannya.
  • Ayam kampung.
  • 1500 ml air untuk kuah.
  • 3 butir telur yang direbus sebelumnya dan potong – potong untuk dibuat topping diatasnya.
  • ½ sdm gula.
  • Tauge yang sudah diseduh.
  • Garam kurang lebih 1 ½ sdt.
  • Rajang halus seledri,
  • 2 ruas jari terasi.
  • Rajanglah 5 siung bawang putih kemudian goring.
  • Air jeruk nipis yang diambil dari 2 buah jeruk nipis.
  • Kecap manis sekitar 75 ml.
  • Minyak goreng.
Selain bahan – bahan pokok diatas, diperlukan juga bumbu yang dihaluskan untuk membuat kuah yang super lezat.
  • 6 sing bawang putih.
  • Bawang merah sebanyak 6 biji.
  • 1 ruas jari jahe
  • 2 sdt ketumbar.
  • Kemiri sebanyak 6 butir utuh.
  • ½ sdt jintan.
Bahan dan bumbu telah siap. Sekarang tinggal cara membuatnya. Tak jauh berbeda dengan membuat soto – soto pada umumnya.
  1. Kita panaskan air dulu untuk merebus ayam yang telah kita siapkan. Ayam kampung akan lebih terasa enak karena serat dagingnya lebih a lot dan padat. Rebuslah dengan api yang kecil saja agar tercipta kaldu ayam yang harum dan ayam matang dengan baik.
  2. Mulai memanaskan minya goreng untuk menumis.jika minyak goreng sudah panas, kita bisa langsung menumis bumbu halus yang sudah disiapkan sebelumnya. Tumis hingga harum dan matang. Jika bau mulai tercium, masukkan serai dan tunggu beberapa saat. Masukkan bumbu kedalam rebusan ayam dan tambahkan garam, gula, serta bawang putih goreng.
  3. Biarkan dulu beberapa saat hingga bumbu meresap kea yam. Setelah sekiranya bumbu telah meresap, angkat ayam kemudian suir – suir.
Soto Kudus telah matang dan siap untuk dihidangkan. Taruh suwiran ayam dan tauge di mangkok saji, beri kuah, dan tambahkan seledri, telur, air jeruk, dan kecap di atasnya.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami adalah alternative pilihan jika kita tidak ingin menggunakan produk komersil yang banyak memiliki kandungan bahan zat-zat kimia, yang mungkin saja bisa membuat kulit sensitive kita menjadi alergi. Komedo yang sering datang mengunjungi wajah kita sebenarnya merupakan timbunan minyak yang bercampur dengan debu dan kotoran, yang bila kita biarkan bisa membuat wajah kita menjadi kusam, berjerawat dan tidak bercahaya. Untuk beberapa tindakan perlu dilakukan agar wajah menjadi sehat, segar dan bersih bersinar.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yang bisa kita dapatkan di dapur kita,

1.  Pengangkat komedo dari Gelatin
Gunakan gelatin sebagai pengangkat komedo secara alami. Caranya, campurkan gelatin dengan susu cair, kemudian aduk rata dan panaskan. Setelah gelatin dan susu cair tercampur dengan rata, biarkan gelatin menjadi hangat dan siap dioleskan pada seluruh wajah. Karena gelatin akan menarik kulit dengan kuat, maka hindari area alis dan bibir. Diamkan hingga gelatin mongering sempurna pada wajah dan angkat secara perlahan mulai dari dagu anda. Lihat hasilnya, komedo yang membandel pun akan terangkat dengan sempurna.

2.  Mengangkat komedo dengan putih telur
Putih telur sangat efektif jika digunakan sebagai pengangkat komedo. Caranya mudah, siapkan putih telur secukupnya dan tissue. Kocok putih telur dan oleskan secara merata pada wajah. Kemudian pada saat kondisi wajah telah basah oleh putih telur, segera tempelkan tissue pada seluruh permukaan wajah. Diamkan hingga tissue benar-benar kering dengan sempurna pada wajah. Setelah wajah menjadi kering sempurna, angkat secara perlahan dari dagu ke atas. Lihat hasilnya, banyak komedo akan tercabut dari akarnya menempel pada tissue tadi.

3.  Membersihkan komedo dengan pasta Gigi dan Garam
Pasta gigi dan garam bisa digunakan sebagai alternative pilihan lainnya dalam membersihkan komedo yang membandel. Caranya campur pasta gigi secukupnya dicampur dengan garam dapur. Aduk rata dan oleskan pada bagian wajah yang memiliki banyak komedo. Lakukan kegiatan memijat pada area yang berkomedo selama kurang lebih 10menit dan bilas. Anda akan merasakan hasilnya, bahwa kulit menjadi sangat halus dan komedo pun lenyap.

4.  Madu dan baking soda
Campuran madu dan baking soda sangat efektif dalam menyingkirkan jerawat dan komedo dari wajah. Caranya cukup mudah, campurkan beberapa sendok madu dicampur dengan baking soda. Ratakan pada seluruh wajah dan diamkan kurang lebih selama lima belas menit dan bilas dengan air hangat. Agar hasil efektif, sebelum mengoleskan masker ini sebaiknya uapi wajah dengan menggunakan air hangat agar pori-pori wajah terbuka sehingga komedo menjadi mudah untuk dikeluarkan.  Sementara untuk menutup kembali pori-pori kulit, gunakan air dingin sebagai basuhan terakhir pada saat membasuh wajah.

Demikian beberapa tips mengenai cara menghilangkan komedo dengan bahan alami.

Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami dan Murah


Cara memutihkan wajah dengan bahan alami merupakan sebuah solusi bagi anda yang ingin mendapatkan wajah bersih bersinar tanpa takut dengan dampak negatif yang dihasilkan. Memutihkan wajah dengan bahan alami selain tidak memiliki efek negatif, juga tidak menguras keuangan anda, sehingga cara ini sangat saying untuk dilewatkan begitu saja. Sebenarnya istilah memutihkan dalam hal ini wajah, adalah kondisi dimana wajah terlihat menjadi jauh lebih segar, cerah dan bercahaya, sehingga banyak orang menyebutnya menjadi putih.

Wajah yang putih tentu saja merupakan dambaan bagi setiap wanita, namun biasanya biaya perawatan yang cukup mahal menjadi salah satu kendala dalam mendapatkan kulit wajah yang putih dan berseri. Untuk mendapatkan wajah yang diidam-idamkan tersebut, maka anda bisa melakukan berbagai langkah berikut sebagai cara memutihkan wajah dengan bahan alami yang cukup efektif,

1.  Bengkoang
Bengkoang yang kaya akan nutrisi dan vitamin merupakan buah yang termasuk dalam umbi-umbian. Buah yang berwarna putih susu ini dikenal baik untuk menurunkan panas dalam serta memutihkan kulit wajah. Cara menggunakan bengkoang sebagai bahan pemutih wajah cukup mudah, yaitu parut satu buah bengkoang dan ambil airnya. Diamkan hingga terjadi endapan. Setelah terjadi endapan, segera buang airnya dan sisakan endapannya. Gunakan endapan ini sebagai masker wajah, yaitu dengan mengoleskannya keseluruh bagian wajah dan mendiamkannya kurang lebih selama 30 menit, atau bisa juga digunakan sebagai masker tidur dan membiarkannya selama semalaman. Bilas dengan air hangat. Lakukan kegiatan masker ini setiap hari agar hasilnya cepat terlihat

2.  Madu dan Kayu Manis
Campuran madu dengan bubuk kayu manis terkenal dengan manfaatnya yang ampuh mencerahkan wajah dan membuat wajah terbebas dari berbagai masalah kulit termasuk jerawat. Caranya cukup mudah, campur beberapa sendok madu dengan bubuk kayu manis, aduk rata dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih lima belas menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan masker ini paling tidak setiap tiga hari sekali untuk hasil yang maksimal.
3.  Air kelapa
Air kelapa dikenal dengan kandungannya yang luar biasa karena mampu mengobati berbagai penyakit serta mampu mengatasi keracunan. Selain itu, kandungan air kelapa juga sangat baik bagi kulit karena mampu meremajakan kulit dan membuat kulit putih berseri. Caranya ambil air kelapa dengan kapas, dan oleskan pada seluruh bagian wajah dan diamkan selama 30menit. Setelah itu bilas dengan air biasa.

4.  Lemon
Gunakan perasan air lemon dan ratakan pada seluruh wajah dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Hal ini karena lemon memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi dan mampu mencerahkan kulit wajah dengan cepat. Anda juga bisa menyampurnya dengan beberapa tetes madu.

Itulah sekilas tips mengenai cara memutihkan wajah dengan bahan alami.