Friday, August 25, 2017

5 Objek Wisata Terbaik di Karawang

5 Objek (Tempat) Wisata Terbaik di Karawang – Banyak sekali objek atau lokasi wisata di Karawang. Namun, jika ditanya 5 objek terbaik, maka kriterianya sangat beragam dan salah satu yang paling utama adalah kelengkapan fasilitas dan prasarana bagi pengunjung. Yup, ketika konteksnya adalah wisata ‘secara maksimal’ dengan menikmati berbagai paket hiburan dan maka berikut adalah 5 objek wisata terbaik di Karawang yang saya rekomendasikan jika anda ingin berlibur atau berwisata di Karawang :





  1. Curug Cigentis (Desa Mekarbuana, Kec. Tegalwaru) – Terletak di Pegunungan Sanggabuana dengan pemandangan yang asri, saat ini disekitar lokasi ada juga arena outbond, dll.
  2. Patilasan Syeh Quro (Desa Pulokalapa, Kec. Lemahabang) – Sangat ramai di malam sabtu karena ada kegiatan Sabtuan dimana banyak sekali penjiarah dari berbagai daerah tumplek di lokasi ini
  3. Pantai Tanjung Pakis (Desa Tanjung Pakis, Kec. Pakisjaya) – terletak di Ujung Karawang atau Tanjung Karawang bagian utara, inilah pantai terbaik yang ada di Kabupaten Karawang. Merupakan salah satu titik akhir atau muara dari Sungai Citarum.
  4. Bendungan Walahar (Desa Walahar, Kec. Ciampel) – pemandangan eksotik ditambah dengan jajanan dan kuliner dengan menu paling khas yakni pepes ikan
  5. Monumen Rawagede (Desa Balongsari, Kec. Rawamerta) – kompleks pemakaman korban pembantaian Belanda yang beberapa waktu lalu sempat menjadi topik internasional. Di monumen ini dilengkapi dengan berbagai replika reka ulang tragedi Rawagede.
Simak di rubrik Pojok Karawang www.karawanginfo.com untuk detil lokasi wisata tersebut
Selain 5 lokasi wisata diatas, faktanya masih banyak lokasi atau objek wisata lainnya yang ada di Karawang. Terutama ketika dilihat dari sisi sejarah di Karawang banyak sekali tempat bersejarah yang bisa dikunjungi sebut saja yang paling terkenal adalah Monumen Kebulatan Tekad (Proklamasi) Rengasdengklok, Candi Jiwa di Batujaya, Candi Lanang dan Wadon di Cibuaya, Patilasan Jaka Tingkir Rawamerta, Vihara Sian Djin Ku Poh Karawang Barat, Mesjid Agung Karawang, dll. Namun sayangnya objek wisata ini dalam hal sarana dan prasarana wisata belum memadai, lokasi ini cocok bagi anda yang ingin menyelami sejarah.

Dunia tanpa rokok

Jika di dunia ini tidak pernah ada pabrik rokok, maka kemungkinan besar saya tidak pernah merokok, tidak ada orang yang bekerja dipabrik rokok, tidak ada yang dengan sengaja menanam tembakau, tidak banyak konser musik dengan sponsor rokok, tidak ada ibu yang mengomeli anaknya gara-gara merokok dan yang pasti tidak ada tulisan ini yang membahas tentang pabrik rokok.



Dunia tanpa pabrik rokok, sesungguhnya menjadi dunia yang tidak hanya diidamkan oleh orang yang tidak merokok tapi sebenarnya sangat diimpikan oleh para perokok aktif. Dan jika saja suku bangsa Indian di Amerika pada abad ke 16 masehi tidak coba-coba menghisap tembakau untuk keperluan ritualnya, mungkin rokok dengan tembakaunya tidak dikenal masyarakat kini.

Dunia tanpa pabrik rokok, mungkin menjadi dunia yang kurang menarik, mungkin dokter kehilangan sejumlah pasiennya, mungkin para pedagang kehilangan omset terbesarnya. Dunia tanpa pabrik rokok belum tentu menjadi dunia dengan orang-orang yang lebih sehat. Tapi dunia tanpa pabrik rokok merupakan dunia ideal bagi mereka yang sudah merasakan bahwa merokok ternyata merupakan ‘kesia-kesiaan.’ Tapi tidak mudah untuk lepas darinya, kecuali jika semua pabrik rokok ditutup dan tidak ada lagi yang memproduksi rokok. Ingatlah sudah ada fatwa bahwa rokok itu haram

Dunia tanpa pisang

Tahukah anda, kenapa monyet suka makan pisang? Ternyata monyet tahu, bahwa pisang mengandung tiga gula alami – sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Menurut penelitian, 2 buah pisang dapat menghasilkan energi yang mendukung kerja berat selama 90 menit. Jadi, dengan makan pisang, monyet bisa lincah meloncat, menaiki pohon dengan cepat. Itu baru 1 manfaat. Dan faktanya, pisang memiliki berbagai kandungan yang berguna bagi tubuh (bukan hanya tubuh monyet, tapi juga tubuh manusia), pisang juga mengandung aneka vitamin dan mineral.
Jika dunia ini tanpa pisang? Berarti monyet menjadi tidak makan pisang, dan bisa jadi cuma makan biji-bijian, dedaunan dan sayuran, dan bisa jadi monyet pun tak lincah dan tidak kuat memanjat pohon. :D 


Dan tahukah anda, kenapa wanita (perempuan) hamil dianjurkan rajin mengonsumsi pisang? Berdasarkan penelitian, kandungan zat asam folat yang tinggi pada pisang sangat berguna untuk kesempurnaan janin, selain itu juga bermanfaat untuk pembentukan sel-sel baru serta berkhasiat untuk mencegah terjadi cacat bawaan.
So, jika dunia ini tanpa pisang, apa jadinya
Yang pasti, pisang merupakan buah yang banyak manfaatnya. Dan faktanya juga, kegunaan pisang ternyata tidak hanya bisa didapat dari buahnya, tapi juga pohon (batang), daun hingga akarnya. Seperti halnya kelapa, pohon pisang menjadi pohon yang bisa dimanfaatkan tanpa ‘sisa.’ Di negeri subur seperti Indonesia, pisang bisa tumbuh dengan bebas dan alhasil menjadi buah-buahan rakyat, harganya pun merakyat.
Jadi, dunia ini menjadi lebih baik dengan adanya pisang. :)

Dilarang Mendekati Pacar



Ada pemandangan menarik saat mengantarkan saudara calon jemaah haji ke Bandara Soekarno Hatta pertengahan bulan lalu, dihalaman dekat landasan dimana para pengantar jemaah berkumpul dan menunggu untuk melihat calon jemaah haji terbang terdapat papan peringatan yang berisi kalimat yang aneh. Namun setelah ditelek-telek (diperhatikan) sepertinya ada orang iseng yang merubah huruf G menjadi C, alhasil yang tadinya dalam papan tersebut tertulis Dilarang Mendekati Pagar berubah menjadi Dilarang Mendekati Pacar. Hmmm.. Alhasil, orang-orang yang ada disana (para pengantar jemaah) yang didominasi oleh orang Karawang banyak yang tertawa sambil berguling-guling renyah melihat papan tersebut. Tentu saja pacaran aja dilarang apalagi mendekati pacar

Definisi (Pengertian) Public Relations

Pengertian (definisi) Public Relations jika dilihat dari asal katanya (Public dan Relations) adalah hubungan-hubungan antar publik atau singkatntya hubungan-hubungan publik. Ini berarti dapat mengindikasikan bahwa jika Public Relations (PR) diterjemahkan dengan Hubungan Masyarakat (Humas) adalah kurang tepat, namun karena masyarakat terlanjur mengenal istilah Humas dan sangat sulit untuk diluruskan maka istilah  Humas tetap dipakai, bahkan pada instansi-instansi pemerintah.
Itu pengertian Public Relations (PR) secara harfiah. Lalu apa definisi/pengertian Public Relations secara istilah berikut adalah beberapa definisi atau pengertian Public Relations menurut para pakar komunikasi :


Definisi Public Relations dari Howard Bonham
Public relations adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik secara lebih baik, sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau sesuatu organisasi/badan.
Definisi Public Relations dari M.O Palapah dan Atang Syamsudin
Public Relations adalah suatu bentuk spesialisasi komunikasi yang bertujuan untuk memajukan saling mengerti dan bekerjasama antara semua publik yang berkepentingan guna mencapai keuntungan dan kepuasan bersama.
Definisi Public Relations dari Betrand R. Canfield
Public Relations adalah falsafah dan fungsi manajemen yang diekspresikan melalui kebijaksanaan dan kegiatan-kegiatan untuk melayani kepentingan publik, melakukan kegiatan komunikasi bagi publiknya untuk menciptakan pengertian dan goodwill dari publiknya.
Definisi Public Relations dari The British Institute of Public Relations (IPR)
Kegiatan Public Relations adalah keseluruhan upaya yang terencana dan berkesinambungan untuk menciptakan dan memelihara saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.
Definisi Public Relations dari Frank Jefkins
Public Relations merupakan keseluruhan bentuk komunikasi yang terencana, baik itu keluar maupun ke dalam, yakni antara suatu organisasi dengan publiknya dalam rangka mencapai tujuan yang spesifik atas dasar adanya saling pengertian.
Deni Andriana
Sumber Pustaka  : Dasar-Dasar Public Relations / Dr. Hj. Neni Yulianitas, Dra. MS/ P2U LPPm Universitas Islam Bandung

Resep Bolu Karamel Yang Mudah dan Legit

Anda bosan dengan cemilan yang biasa Anda hidangkan untuk seluruh anggota keluarga Anda? Resep kali ini bisa Anda coba dan praktekkan bagaimana membuat bolu karamel yang terkenal legit dan manis yang banyak digemari sebagai salah satu jajanan pasar. Resep bolu karamel legit ini sangat mudah untuk di buat, Anda hanya perlu mengikuti semua bahan dan cara membuat dalam resep kali ini. Bolu karamel pas dihidangkan sambil santai dengan ditemani secangkir teh atau kopi.
Bolu karamel ini telah terkenal akan kelezatannya. Manis, gurih dan legitnya membuat bolu ini menjadi salah satu jajanan pasar yang laris diserbu para pelanggannya. Kini Anda bisa membuat bolu karamel sendiri di rumah dengan resep bolu karamel yang mudah dan praktis berikut ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit, bisa Anda temukan di toko bahan kue terdekat dari rumah Anda.


Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat Bolu yang mudah. Bahan-bahan dalam resep bolu karamel legit ini di takar untuk 1 loyang bolu karamel. Bahan-bahan tersebut adalah:
  • Tepung terigu yang telah di ayak sebanyak 180 gram
  • Tepung maizena sebanyak 50 gram
  • Gula pasir sebanyak 425 gram
  • Soda kue sebanyak 2 sdt
  • Susu kental manis sebanyak 200 ml
  • Ayam sebanyak 8 butir
  • Air panas sebanyak 450 ml
Cukup mudah bukan bahan-bahan yang dibutuhkan? Selanjutnya adalah melakukan proses pembuatan sesuai dengan resep bolu karamel. Tidak membutuhkan waktu yang lama dalam membuat bolu ini, hanya saja yang perlu diperhatikan adalah kehati-hatian dalam membuat karamel, yaitu proses pelelehan gula hingga menjadi karamel. Gula yang panas akan membuat tangan melepuh jika terkena percikan gelembung gula panas, sehingga diperlukan ketelitian dan kewaspadaan.

Berikut akan dijelaskan tahap demi tahap proses pembuatan bolu karamel sesuai dengan resep bolu karamel. Cara membuatnya adalah:
  1. Pertama sekali adalah membuat karamel terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan meletakkan gula diatas panci atau wajan dan di masak menggunakan api yang kecil. Masak hingga gula berubah menjadi kecoklatan. Lalu, masukkan air panas dan biarkan mendidih sampai gula larut dan siap menjadi karamel.
  2. Dengan menggunakan mixer, kocok beberapa bahan seperti mentega dengan susu kental manis sampai kedua bahan ini mengembang. Lalu, telur yang telah dipersiapkan dimasukkan satu per satu sembari adonan tetap terus diaduk.
  3. Terigu yang telah diayak dimasukkan ke dalam adonan, tambahkan juga tepung maizena dan soda kue. Aduk perlahan dan masukkan sedikit demi sedikit agar dapat tercampur rata dengan adonan.
  4. Lalu karamel yang telah dipersiapkan dapat dituang ke dalam adonan sedikit demi sedikit sembari tetap diaduk hingga rata dan telah berubah warna.
  5. Adonan yang telah siap, dapat Anda masukkan ke dalam loyang yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan mengoleskan margarine dan tepung
  6. Kemudian, panggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 40 menit atau sampai adonan matang.

Setelah bolu karamel matang, angkat dan dinginkan. Anda bisa menyajikan bolu ini dengan teh atau kopi. Rasa manis bisa Anda sesuaikan dengan selera, bisa menambah atau mengurangi jumlah gula dari resep bolu karamel. Cukup mudah bukan membuat bolu karamel ini. Anda bisa mempraktekkan langsung di rumah hari ini juga untuk cemilan sore nanti. Selamat mencoba.

Resep Bolu Coklat Panggang

Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bolu coklat panggang

adalah sebagai berikut:


  • 175 gram tepung terigu
  • 25 gram coklat bubuk
  • 150 gram gula pasir
  • 25 ml susu cair
  • 6 butir telur
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • ½ sendok teh emulsifier
  • ½ sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh coklat pasta
Cara membuat bolu coklat panggang:
  1. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang.
  2. Tambahkan terigu, coklat bubuk, dan baking powder sambil diayak. Aduk sampai rata.
  3. Masukkan susu cair, margarin leleh, dan coklat pasta sedikit demi sedikit. Aduk sampai rata.
  4. Siapkan loyang yang telah diolesi margarin dan taburan sedikit tepung terigu. Masukkan adonan bolu ke dalam loyang.
  5. Panggang pada oven suhu 180 derajat celcius sampai matang, kurang lebih 30 menit.
  6. Bolu coklat manis enak siap disantap.

Sangat mudah membuatnya bukan? Bagi Anda, apakah lebih mudah membuat bolu coklat kukus atau panggang? Jika penasaran, cobalah dua-duanya lalu Anda dapat membandingkan rasa atau efisiensi cara membuatnya. Untuk bahan bolu coklat, pilihan pasta coklat tidak menjadi kewajiban, karena bisa diganti dengan coklat bubuk, tetapi pilihlah coklat bubuk yang berkualitas. Baik bolu coklat kukus atau panggang dapat disantap menggunakan toping kesukaan Anda setelah kue bolu matang.

Resep Bolu Coklat Kukus Manis


Bahan / Bumbu :
  • 110 gram tepung terigu
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 150 gram gula halus
  • 170 gram mentega
  • 200 ml susu cair coklat atau putih
  • 50 gram coklat bubuk kualitas baik
  • 1 sendok teh baking powder yang masih baru
  • ¼ sendok teh baking soda
  • ¼ sendok teh bubuk vanili
Cara Membuat :
  1. Siapkan panci kecil, masukkan gula halus, margarin, susu, dan vanili. Panaskan dengan api yang kecil sambil diaduk-aduk sampai mentega dan gula larut. Matikan api, biarkan sampai dingin.
  2. Siapkan wadah, ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan baking soda
  3. Di sisi lain, larutan gula telah dingin. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas ke dalam larutan gula, masukkan secara pelan-pelan. Tuangkan pada campuran tepung dan coklat secara pelan-pelan. Aduk rata.
  4. Panaskan kukusan dan tunggu sampai air mendidih.
  5. Siapkan loyang, olesi dengan margarin dan taburi sedikit tepung terigu. Tuang adonan pada loyang.
  6. Masukkan adonan pada kukusan, tutup.
  7. Biarkan sampai adonan matang dengan tidak membuka-buka penutup kukusan. Adonan akan matang sekitar 40-45 menit.
  8. Setelah matang, angkat dan biarkan agar suhu mendingin.
  9. Lepaskan bolu dari loyang lalu iris.
  10. Bolu coklat siap disajikan.
Itulah Resep Bolu Coklat Kukus. Sebagai tipsnya, sebaiknya gunakan baking powder yang masih baru. Jangan gunakan baking powder yang sudah mendekati kadaluarsa, karena selain tekstur kue bolu menjadi tidak sempurna, juga akn mempengaruhi rasa. Isilah air di dalam kukusan sampai hampir menyentuh saringan dan jangan masukkan adonan sebelum air benar-benar mendidih. Membuat kue bolu tidak hanya dikukus aja tetapi juga dapat dipanggang.