Sunday, September 3, 2017

10 Penyakit paling sering Membunuh Pria

Dari beberapa indikator, pria ternyata memiliki status kesehatan yang lebih buruk dibandingkan wanita. Angka kematian pria pun lebih tinggi dibandingkan wanita. Ada 10 penyakit yang paling banyak membunuh pria.


“Ada beberapa fakta yang dapat dilihat dan dirasakan terkait dengan rendahnya kesehatan pria dibandingkan wanita,” jelas Dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, dalam acara Press Conference The 4th Annual Women’s Health Expo di FKUI-RSCM, Jakarta, Kamis (17/2/2011).
Menurur Dr Edy, hal yang paling nyata dan hampir terjadi di banyak negara di dunia adalah perbedaan angka harapan hidup antara pria dan wanita.
“Angka harapan hidup pria cenderung lebih pendek, berkisar 4 hingga 6 tahun lebih pendek dibandingkan wanita. Bila ditilik lebih jauh, ternyata kematian yang terjadi (khususnya pada pria) banyak yang bersifat prematur dan seharusnya dapat dicegah,” jelas Dr Edy.
Terkait hal tersebut, perlu dikenal dan diketahui dengan baik tentang penyakit yang sering diderita dan menjadi penyebab kematian pada pria, sehingga pada akhirnya tindakan promosi kesehatan atau pencegahan dapat dilakukan sedini mungkin.
Dr Edy menjelaskan berikut 10 penyakit yang paling banyak membunuh pria:
1. Penyakit jantung 2. Kanker 3. Luka-luka atau kecelakaan 4. Stroke (cerebrovascular kecelakaan, CVA) 5. PPOK (penyakit paru obstruktif kronik) 6. Diabetes
7. Influenza dan Pneumonia 8. Bunuh diri 9. Penyakit ginjal 10. Penyakit Alzheimer
“Sangat penting bagi kaum pria untuk menyadari kerentanan mereka dan mengambil tindakan positif untuk mencegah datangnya penyakit-penyakit tersebut dan meningkatkan perhatian pada diri sendiri akan adanya faktor-faktor risiko yang mungkin ada, seperti riwayat penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi dalam keluarga, obesitas, gaya hidup buruk, kebiasaan merokok dan stres,” jelas Dr Edy.
Hal yang menarik, lanjut Dr Edy, sifat atau perasaan yang umum dijumpai pada pria yaitu ketakutan, malu dan tak mau mengalah, bisa terkait dengan masalah kesehatan pria.
“Ketakutan akan eksistensinya sebagai pria yang diragukan, malu untuk menyatakan diri sakit yang diidentikkan sebagai kelemahan dan selalu berusaha menampilkan diri serba mampu, sehingga muncul sifat tak mau mengalah,” ungkap Dr Edy.
Belum lagi kekhasan coping mechanism (respons saat menghadapi masalah) pada pria yang umumnya dilampiaskan pada hal-hal yang kurang baik untuk kesehatan sendiri, seperti merokok, minum alkohol, perilaku antisosial dan penggunaan obat-obatan.
“Melihat beberapa hal tersebut, maka keterlibatan orang lain atau kelompok lain sebagai pemacu agar para pria lebih memperhatikan kesehatannya menjadi sesuatu yang harus dilakukan. Dalam hal ini, wanita dapat sangat berperan,” tutup Dr Edy.


:maaf: kalau :repost:
gak nolak :grp::thx:
sekedar berbagi info:hmm:
Sumber:http://health.detik.com/read/2011/02/17/154439/1573061/763/10-penyakit-terbanyak-yang-membunuh-pria


 Penyakit Toksoplasma

Penyakit Toksoplasma

Sejauh mana Anda mengenal TOKSOPLASMA…!? Sebagian orang berfikir bahwa toksoplasma hanya menyerang wanita hamil. Namun pada kenyataannya tidak demikian! toksoplasma dapat menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin dan umur.
Toksoplasma adalah penyakit yang diakibatkan oleh parasit Toksoplasma Gondii yang dapat ditularkan oleh kucing. Ternyata tak hanya kucing yang dapat menjadi dalang penyebaran penyakit Toksoplasma. Toksoplasma dapat menyerang semua jenis satwa, termasuk burung, ikan, kelinci, anjing, babi, kambing dan mamalia lain, bahkan manusia. Parasit ini juga bisa terdapat pada daging setengah matang, telur setengah matang, buah-buahan atau sayuran yang tercemar tinja hewan peliharaan yang mengandung Oosit Toksoplasma, salah satu bentuk Toksoplasma yang dapat menimbulkan infeksi.
Toksoplasma dalam bentuk Tachizoit terdapat dalam cairan tubuh seperti darah, air liur, dan cairan sperma, yang mampu ditularkan oleh serangga lewat gigitan. Tachizoit pun bisa bersarang di calon telur atau kelenjar susu sehingga tidak menutup kemungkinan telur dan air susu pun bisa tertular Toksoplasma. Penularan juga bisa terjadi lewat transfusi darah atau transplantasi organ yang membawa Kista Toksoplasma. Cangkok jantung, ginjal, dan hati bisa menjadi ajang penularan Toksoplasma.
Pada dasarnya manusia resisten [kebal] terhadap infeksi Toksoplasma. Walaupun terinfeksi [kuman masuk ke dalam tubuh], itu tidak menimbulkan gejala penyakit. Jika tubuh kuat, maka parasit yang diidap hanya diam tenang tidak menimbulkan gejala penyakit. Kista akan menimbulkan gejala sakit jika kondisi tubuh lemah, kekebalan tubuh menurun, kekurangan gizi, dan dalam keadaan stres. Kista pada jaringan tubuh dapat merusak organ.
Berdasarkan beberapa hasil penelitian, sekitar 40% wanita hamil pengidap Toksoplasma pada awal kehamilan, janin yang dilahirkan akan terinfeksi, dan 15% mengalami abortus atau kelahiran dini. Sebanyak 17% janin terinfeksi pada trimester pertama, 24% pada trimester kedua, dan 62% pada trimester ketiga.
Hasil penelitian lain juga mengatakan bahwa 90% bayi yang terinfeksi dapat lahir dengan normal, walaupun 80 – 90% bayi tersebut dapat menderita gangguan penglihatan sampai buta setelah beberapa bulan atau beberapa tahun setelah lahir, dan 10% dapat mengalami gangguan pendengaran.
Toksoplasma pada bayi dapat menyebabkan kelainan pada saraf, mata, serta kelainan sistemik seperti pucat, kuning, demam, pembesaran hati dan limpa atau pendarahan. Gangguan fungsi saraf dapat mengakibatkan keterlambatan perkembangan Psikomotor dalam bentuk retardasi mental [gangguan kecerdasan maupun keterlambatan perkembangan bicara], serta kejang dan kekakuan yang akhirnya menimbulkan keterlambatan perkembangan Motorik.
Infeksi pada bayi juga berpotensi menyebabkan cacat bawaan, terutama bila terjadi pada usia kehamilan awal sampai tiga bulan. Toksoplasma juga dapat menyebabkan Encephalus [tidak memiliki tulang tengkorak], Hydrocephalus [pembesaran kepala], dan bahkan kematian.
Toksoplasma bisa diobati. Dengan pemeriksaan dan pengobatan secara dini, penularan pada bayi akan bisa ditekan seminimal mungkin. Selain itu, pengobatan dini yang tepat saat awal kehamilan akan menurunkan secara signifikan kemungkinan janin terinfeksi. Temui dokter anda untuk mendapatkan Spiramycin atau Pyrimethamine plus Sulfadiazine.
Gejala gejala yang dialami oleh seseorang yang mengidap Toksoplasma adalah 80 – 90% orang normal tidak menunjukkan gejala. Hanya 10 – 20% menunjukkan gejala. Pada orang dewasa Toksoplasma biasanya menimbulkan gejala berupa rasa lelah, flu, nyeri kepala, sakit tenggorokan, demam, pembesaran kelenjar getah bening, hati, limfa, dan gangguan pada kulit. Gejalanya biasanya ringan dan sembuh sendiri dalam beberapa bulan. Kebanyakan orang akan menganggap bahwa dia terkena flu ringan dan tidak perlu pergi ke dokter. Dokter pun sangat jarang yang berpikir kearah infeksi Toksoplasma.
Salah satu cara untuk mengetahui, apakah seseorang mengidap Toksoplasma adalah dengan melakukan tes laboratorium yang disebut TORCH. Yaitu pemeriksaan melalui 4 jenis tes, parasit Toxoplasma, virus Rubella, Cytomegalovirus (CMV), dan virus Herpes. Masing-masing ada tes IgM dan IgG nya.
Dan cara untuk membaca hasilnya adalah sebagai berikut :
  • Periksalah serum untuk mencari ada tidaknya IgG spesifik untuk parasit/virus TORCH. Bila hasilnya Negatif, berarti Anda tidak pernah terinfeksi TORCH. Bila Positif, berarti pernah terinfeksi. Note: [periksa Anti-Toxoplasma IgG, Anti-Rubella IgG, Anti-CMV IgG, Anti-HSV2 IgG]. Tes IgG itu untuk meriksa apakah pada masa lalu si pasien pernah kena infeksi.
  • Bila IgG Positif, maka untuk menentukan kapan infeksi tersebut, Anda harus melakukan pemeriksaan serum untuk mencari ada tidaknya IgM parasit/virus TORCH. Tes IgM ini fungsinya untuk memeriksa apakah saat ini si pasien terinfeksi TORCH.
  • Bila IgG Positif dan IgM Negatif : Anda telah terinfeksi lebih dari setahun yang lalu. Saat ini anda mungkin telah mengembangkan kekebalan terhadap parasit itu. Anda tidak perlu khawatir untuk hamil.
  • Bila IgG Positif dan IgM juga Positif: Anda tengah mengalami infeksi dalam 2 tahun terakhir, [mungkin pula ada false pada hasil IgM]. Anda harus catat berapa angka IgM tersebut.
  • Selanjutnya Anda harus melakukan lagi pemeriksaan IgM [kalau perlu sekalian IgG] setelah 2 minggu dari pemeriksaan pertama.
  • Bila IgM tetap Positif atau malah naik angkanya, berarti anda sedang terinfeksi TORCH. Sebaiknya anda sembuhkan dulu infeksi ini baru kemudian mulai hamil.
Yang harus Anda lakukan untuk pencegahannya adalah :
  • Lakukan pemeriksaan terhadap binatang peliharaan Anda di rumah, seperti kucing, burung, ikan, kelinci dan anjing untuk mengetahui apakah mereka memiliki infeksi aktif atau tidak. Jika binatang peliharaan anda ternyata memiliki infeksi aktif, titipkan mereka ke tempat pemeliharaan atau pada teman sekurang kurangnya selama 6 minggu [yaitu dimana masa infeksi dapat ditularkan]. Jika mereka bebas dari infeksi, biarkan mereka seperti biasanya dengan tidak membiarkan mereka memakan makan daging mentah, pergi keluar rumah, memburu tikus atau burung, atau bermain dengan bintang lain.
  • Mintalah seseorang untuk membersihkan kandang dan kotorannya. Bila anda harus melakukannya sendiri, gunakan sarung tangan dan cuci tangan anda setelah selesai. Kandang harus dibersihkan setiap hari karena Oosit yang memindahkan penyakit akan sangat menular dengan berjalannya waktu.
  • Gunakan sarung tangan jika anda berkebun. Jangan berkebun di tanah yang terkena kotoran kucing, juga jangan biarkan anak bermain di pasir yang terkena kotoran kucing.
  • Cuci buah dan sayur terutama yang ditanam sendiri dengan sabun pencuci piring, bilas sampai benar-benar bersih.
  • Jangan makan daging mentah atau daging yg kurang matang atau susu yang tidak di pasteurisasi. Bila anda ke restoran pesanlah daging yang matang penuh.
  • Termometer daging yang anda masak aau rebus. Minimal harus menunjukan 70ยบ C. [Kista ini di lingkungan dapat hidup sampai beberapa bulan, dan dia tahan terhadap desinfektan, freezing, and drying. Tetapi dia akan mati pada suhu 70 derajat C dalam 10 menit].
  • Jika Anda sedang hamil lakukan pemeriksaan rutin untuk menghindari dan mengatisipasi jika terkena Toksoplasma.
Tentu akan menjadi pertanyaan bagi Anda, “Dimana ya bisa melakukan Tes TORCH?”
Di semua laboratorium swasta – PRODIA dan PRAMITA, juga di Rumah Sakit dapat dilakukan test TORCH.
Pertanyaan Anda selanjutnya *mungkin*, “Mahal nggak yah?” :)
Harga dibawah ini adalah harga yang didapat dari Prodia;
— Anti-Toxoplasma IgM: Rp. 140.000
— Anti-Toxoplasma IgG: Rp. 150.000
— Anti-CMV IgM: Rp. 215.000
— Anti-CMV IgG: Rp. 145.000

KHASIAT MINYAK ZAITUN



MANFAAT MINYAK ZAITUN UNTUK KECANTIKAN | MINYAK ZAITUN UNTUK KESEHATAN
Buah zaitun atau Oleaeurofea; dengan ketinggian kira-kira 3 meter, daunnya hijau terang, dan buah yang masak ranum berwarna ungu kehitaman, amat sangat kaya akan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K dan zat besi.
 
Dalam dunia kecantikan, minyak zaitun atau olive oil memiliki andil yang sangat besar. Khasiat minyak zaitun tidak hanya untuk urusan kecantikan saja, namun demikian juga halnya dalam dunia kesehatan.

Berikut adalah khasiat minyak zaitun untuk kecantikan :
- Menyuburkan rambut : Konon di masa lalu dipraktikkan oleh Cleopatra. Caranya bisa dicampurkan dengan penggunaan sampo yang biasa dipakai sehari-hari kemudian bilas hingga bersih.
- Melembabkan wajah kering dan kusam : Buah zaitun mengandung minyak sebesar 15% sehingga mampu melembabkan kulit dengan baik. Kelembapan tersebut akan menjaga elastisitas kulit sehingga meminimalkan munculnya keriput dini. Ada yang melakukannya dicampur dengan bahan lain, seperti buah alpukat dan ada pula yang langsung mengoleskan minyak zaitun murni ke wajah.
Oleskan secara merata sambil dipijat di permukaan wajah hingga leher setiap malam dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu, bilaslah hingga bersih. Apabila dilakukan secara teratur, kulit wajah pun akan terlihat lebih segar.
- Menjaga kesehatan kulit tubuh : Kulit tubuh pun akan terjaga kelembabannya dan terlihat lebih bercahaya.

Sedangkan khasiat minyak zaitun bagi kesehatan adalah mencegah timbulnya penyakit jantung dengan mengendalikan kadar LDL [kolesterol jahat] dan meningkatkan kadar HDL [kolesterol baik] dalam darah.

Cara Menyimpan Minyak Zaitun : Simpanlah minyak zaitun dalam tempat yang dingin dan gelap, dalam botol yang tertutup rapat. Oksigen dapat membuat minyak menjadi tengik. Seperti minyak yang lain, minyak zaitun dapat menjadi tengik jika terkena udara, cahaya atau panas yang tinggi.

Adapun Jenis Minyak Zaitun adalah sebagai berikut :
Ekstra Murni [Extra Virgin] – dianggap sebagai yang terbaik, paling sedikit diproses, minyak dihasilkan dari hasil perasan buah zaitun yang pertama.
Murni [Virgin] – dari hasil perasan yang kedua.
Alami [Pure] – melewati beberapa proses, seperti penyaringan dan penyulingan
Ekstra Ringan [Extra Light] – mengalami beberapa jenis proses dan hanya meninggalkan aroma zaitun yang ringan.
Sumber : rumahcantikcitra.co.id dan berbagai sumber lainnya
 Dampak Negatif Operasi Caesar

Dampak Negatif Operasi Caesar

Jumlah perempuan melahirkan dengan cara operasi caesar ini semakin meningkat tajam, dan menjadi perhatian dunia. Di sebuah situs International Cesarean Awareness Network; satu dari tiga perempuan melahirkan dengan cara operasi atau bedah caesar. Memilih cara melahirkan operasi caesar adalah tepat apabila karena alasan medis. Seperti misalnya panggul sempit, penyakit menular ibu, atau posisi bayi yang tidak memungkinkan untuk lahir normal. Namun apabila operasi caesar dilakukan karena alasan non medis, maka sangat wajib untuk diwaspadai.
Biaya melahirkan melalui operasi caesar tentu saja tidak murah! Besarnya biaya bisa lebih mahal minimal tiga kali lipat dibanding jika Anda memilih melahirkan normal. Memang benar bahwa melahirkan caesar hanya butuh waktu singkat yakni hanya sekitar setengah jam saja, dibanding melahirkan normal yang bisa memakan waktu tiga hingga enam jam.
Anda mungkin pernah mendengar, atau bahkan Anda sendiri memiliki keinginan untuk melahirkan anak pada hari yang bersejarah. Cucu pertama dari Bapak Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono adalah salah satu contoh, yang kelahirannya ditepatkan pada tanggal 17 Agustus 2008. Ini sangat mungkin sekali dilakukan berkat kemajuan teknologi dan kemampuan dokter yang memang sudah ahli di bidangnya.
Ini sangat penting untuk Anda ketahui, sebelum pada akhirnya Anda memutuskan untuk memilih melahirkan melalui operasi caesar. RISIKO OPERASI CAESAR ! Sebab telah banyak peneliti yang membuktikan, melahirkan melalui bedah caesar lebih banyak memiliki dampak buruk, baik bagi si ibu maupun si bayi.
Risiko Ibu Melahirkan Caesar
- Perdarahan hebat, pembekuan darah, gangguan usus besar, rasa sakit yang lebih lama, infeksi pada bekas luka bedah, dan sakit pada selangkangan.
- Lebih rentan terhadap serangan stroke.
- Harus dirawat di rumah sakit lebih lama, dan kemungkinan besar akan kembali masuk rumah sakit.
- Menimbulkan gangguan kesehatan mental seperti depresi. Ini antara lain karena tidak merasakan pengalaman proses melahirkan.
- Tidak segera memiliki keharmonisan dan kontak batin dengan bayi, sehingga kemungkinan memiliki perasaan negatif terhadap anaknya lebih besar.
- Penelitian membuktikan lebih sedikit bayi lahir caesar yang mendapat air susu ibu dibanding yang alami.
- Menimbulkan masalah reproduksi seperti berkurangnya kesuburan, kehamilan di luar rahim, berbagai gangguan plasenta, dan kerusakan rahim.
Risiko Bayi Lahir Caesar
- Terluka ketika proses caesar, meski kemungkinannya kecil.
- Kesulitan bernafas selama proses caesar.
- Terkena asma pada masa anak atau dewasa.
- Kerusakan saraf.
- Kerusakan otak dan sumsum tulang belakang.
Ada baiknya Anda mencari opini pembanding dari dokter lain sebelum pada akhirnya Anda memutuskan untuk memilih melahirkan melalui operasi caesar. Opini pembanding dari dokter lain adalah berguna untuk menambah pengetahuan Anda tentang pilihan cara melahirkan. Sebab ternyata selain risiko sakit pasca operasi yang berlangsung lama, sampai enam bulan, dan luka parut bekas jahitan yang bisa menimbulkan infeksi di kemudian hari, masih ada beberapa risiko yang wajib dipertimbangkan; si bayi bisa terkena cedera pada kepala, dan sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Cara Mengobati Bruxism (Gigi Bunyi Saat Tidur) Secara Tradisional

Penyakit Bruxism (bruksim) atau gigi berbunyi krek-krek-krek (gemertuk) sewaktu tidur memang cukup mengganggu dan kali ini saya akan berbagi tips mengenai bagaimana cara mengobati penyakit buyi gigi sewaktu tidur ini dengan obat tradisional yang praktis dan murah-meriah. Cara pengobatan bruxism ini berasal dari orang tua-orang tua di Karawang. Resep ini spesial saya tujukan untuk teman saya yang mengalami penyakit yang tentunya akan sangat menggangu teman tidurnya. Semoga juga bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami keluhan serupa atau yang memiliki teman atau saudara yang mengidap penyakit bruxism ini.



Secara medis formal, menurut beberapa sumber yang saya baca, belum ditemukan obat untuk penyakit bruxism (gigi gemeretuk sewaktu tidur), yang ada adalah hanya mencegah dengan alat bantu seperti misalnya memasang protektor gigi saat tidur atau meminum obat penenang, atau ada juga dengan cara memakai karet pengganjal geraham seperti yang dipakai para petinju dengan kemungkinan akibatnya saat tidur akan bermimpi bertinju. Hehe..
Secara medis atau ilmu kedokteran resmi, memang belum ditemukan obat untuk menghilangkan penyakit ini. Namun Indonesia itu sebenarnya kaya akan ramuan dan cara pengobatan tradisional, dan berikut adalah cara menghilangkan atau mengobati penyakit bruxism secara tuntas, berikut ini caranya :
Makan kulit ikan lele yang menempel pada alat panggang lele.
Bakar/panggang iklan lele dengan cara ditusuk bambu atau dengan alat panggang tradisional yang terbuat dari kawat dsb, nah biasanya akan ada kulit lele yang tertempel pada alat panggang tersebut. Makanlah kulit lele yang menempel itu. Usahakan jangan menggunakan garam atau penyedap rasa. Biarkan alami. Dan biar lebih afdol, ikan (dagingnya) jangan dimakan, makan saja kulitnya, lebih afdol lagi kunyah dan gosok ke gigi atau gusi.
Ya… itulah obat tradisional bruxism yang saya tahu. Mudah bukan? Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat!