Tuesday, September 5, 2017

Resep Martabak Manis atau Kue Bandung

Resep martabak manis atau kue bandung merupakan resep andalan dalam membuat pancake khas Indonesia ini. Disebut martabak manis karena memang terasa manis dan menggigit di lidah. Martabak sendiri ada dua macam, yaitu martabak telur dan martabak manis. Martabak telur memiliki bentuk dan rasa yang jauh berbeda. Martabak telur memiliki rasa asin dan gurih dengan tambahan sayuran di dalamnya, sehingga juga cocok untuk dijadikan lauk pada saat menyantap nasi.



Berbeda dengan martabak telur, martabak manis memiliki tampilan seperti pancake, dan bahkan membuatnya pun mirip pancake, namun dengan varian isi yang jauh lebih beragam. Membuat martabak manis tidak terlalu sulit seperti yang kita bayangkan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan resep martabak manis khas Indonesia yang gurih dan manis
Bahan yang dibutuhkan :
  • 250gram tepung terigu
  • 10gram gula
  • ½ sdm baking powder
  • 2 sdm ragi instan
  • 350ml susu cair
  • 2 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Bahan pelengkap :
  • Mentega
  • Coklat chip
  • Keju parut
Cara membuat :
  1. Hangatkan susu cair hingga cukup hangat, tidak perlu sampai mendidih dan matikan kompor.
  2. Masukkan gula dan ragi instan ke dalam susu dan aduk hingga rata, kemudian diamkan selama 10menit.
  3. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah yang cukup besar, masukkan garam dan baking soda kemudian aduk rata, setelah itu buatlah lubang di tengahnya.
  4. Kocok telur dengan seksama, kemudian tuangkan telur ke tengah-tengah adonan tepung tadi. Setelah itu, aduk perlahan dari tengah hingga telur terbalut dengan telur seutuhnya.
  5. Kemudian tuangkan susu hangat tadi ke dalam adonan tepung dan telur, dan aduk terus hingga merata.
  6. Setelah rata, panaskan wajan untuk pancake atau wajan datar untuk membuat martabak manis.
  7. Olesi dasar wajan dengan mentega secara merata. Setelah wajan panas, tuang adonan martabak manis seutuhnya ke dalam wajan.
  8. Kecilkan api dan tunggu lebih kurang selama lima belas menit agar martabak manis matang sempurna. Jangan lupa tutup wajan agar martabak manis bisa matang dengan baik.
  9. Setelah martabak manis matang, segera angkat dan letakkan pada tempat yang datar.
  10. Olesi permukaan martabak dengan margarin dan taburi dengan gula jika anda ingin menjadi lebih manis. Tambahkan coklat chip dan keju parut pada seluruh permukaan martabak manis.
  11. Lipat martabak manis menjadi dua, dan potong-potong sesuai selera anda.
  12. Martabak manis spesial khas Indonesia sudah siap anda coba.
Di Indonesia, para penjual martabak manis biasanya juga menjual martabak telur. Mereka bagaikan satu kesatuan yang sangat sulit untuk dipisahkan. Harga martabak manis juga sangat bermacam-macam, tergantung varian isi yang ingin digunakan oleh pelanggan. Hingga saat ini, martabak manis yang paling digemari adalah varian martabak manis yang berisi kacang dicampur cokelat dan keju. Demikian info mengenai resep martabak manis khas Indonesia, semoga bisa bermanfaat.

Resep Ayam Goreng Tepung Krispy ala KFC


Ceritanya nih beberapa hari lalu ada daging ayam di kulkas yang belum di masak, iseng – iseng lewat depan televisi lihat iklan KFC. Hhmmm jadi ngiler lihatnya, siapa sih yang nggak tau ayam KFC, rasanya yang kriuk – kriuk apalagi disandingkan dengan nasi hangat dan dua warna saos yang berbeda plus minuman bersoda. Ah tapi mana mungkin bisa menikmati kalau faktanya rumah jauh dari KFC (Cuma bisa gigit jari hehehe). Berhubung ada faktor ngidam, kubawa ayam ke dapur dan menyiapkan resep – resep rahasianya. Seng seng seng, selang beberapa menit kemudian jadilah ayam crispy KFC buatanku. Penasaran? Tenang, saya bagi resep rahasianya untuk anda.

Untuk membuat resep ayam goreng tepung krispy KFC, cukup siapkan bahan-bahan dengan takaran sebagai berikut :
  • Kita akan membuat ayam crispy dengan menggunakan 1 ekor ayam.
  • Siapkan tepung terigu sebanyak 150 gram.
  • Kocok juga 1 butir putih telur hingga terlihat encer seperti air.
  • Jangan lupa untuk memasukkan garam secukupnya, lada putih bubuk sebanyak ½ sdt, juga cabe bubuk sesuai selera (jika ingin ayam crispy anda mengandung rasa pedas).
Selain bahan pokok di atas, anda juga harus menyiapkan bumbu untuk lumuran ayam agar ayam lebih terasa sedap dagingnya, bumbu lumurannya cukup sederhana, anda hanya perlu menyiapkan :
  • 6 siung bawang putih yang harus dihaluskan.
  • Jahe sekitar 2cm.
  • Tambahkan lada dan garam secukupnya saja.
Setelah bahan pokok dan bumbu lumuran telah siap, saatnya beraksi membuat ayam crispy KFC. Nggak sulit kok, ini dia langkah – langkah pembuatannya :
  1. Yang jelas potong-potong dulu ayam 1 ekor tadi (nggak mungkin kan mau goreng ayam utuh 1 ekor, hehehe). Setelah ayam di potong-potong, barulah potongan ayam tersebut dilumuri dengan bumbu lumuran yang kita siapkan sebelumnya.
  2. Ketika ayam sudah dilumuri bumbu, lebih baik disimpan didalam freezer selama kurang lebih 30 menit (ayam yang dingin akan membuatnya semakin renyah dan mempunyai tekstur yang lebih baik ketika di goreng).
  3. Sembari menunggu, siapkan tepung yang dipadukan dengan garam, lada, dan cabai bubuk.
  4. Dan sekitar 30 menit telah berlalu, keluarkan ayam dari freezer, masukkan kedalam tepung yang telah kita campur dengan bumbu-bumbu, angkat ayam dari tepung dan gulingkan ayam tepung ke kocokan putih telur, setelah dari putih telur, kembalikan lagi ayam ke adonan tepung sambil ditekan-tekan agar tepung semakin menempel ke ayam.
  5. Masukkan ayam tepung ke kulkas lagi hingga tepung hampir terlihat menyatu dengan ayam, mungkin membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit.
  6. Ayam tepung siap untuk digoreng, tips untuk menggoreng ayam biar crispy adalah ayam terendam sepenuhnya dengan minyak.
Dah, gampang kan buat resep ayam goreng tepung krispy KFC kan? Nggak harus Cuma gigit jari aja, saatnya gigit ayam KFC buatan sendiri :D

Resep Membuat Pastel Goreng Isi Bihun Sayuran

Pastel adalah termasuk jenis kue tradisional yang sangat mudah ditemui. Kue yang termasuk jajanan pasar ini pastinya sering juga kita jumpai dalam acara - acara tertentu, baik itu formal atau non formal. Bagi anda yang belum tahu cara membuat resep pastel ini, anda bisa mengikuti langkah - langkahnya di bawah ini. Di dalam pembuatan resep pastel ini tidaklah terlalu sulit, dan tidak memakan waktu yang terlalu lama juga. Akan tetapi untuk kesabaran serta ketelatenan tetap dibutuhkan agar hasil yang di dapat bisa lebih rapi.

Agar memudahkan bagi anda, kami akan membagi 2 tahap dalam proses pembuatannya. Yaitu proses pembuatan kulitnya dan proses pembuatan isi. Dan jika anda merasa kesulitan atau ingin lebih mudah, anda juga bisa membeli kulit pastel yang sudah siap pakai. Namun pada kesempatan kali ini, kami akan mengulasnya secara lengkap. Berikut adalah ulasannya.

Bahan untuk membuat kulit pastel :
  • 1/2 kg tepung terigu
  • 1 btr telur
  • 4 sdm margarin
  • 60 ml, air dingin
  • Garam, secukupnya
Bahan untuk isi pastel :
  • 1 bh, kentang dengan ukuran yang besar, potong dadu
  • 2 bh, wortel ukuran sedang, potong tipis
  • 1 bh, bihun, rendam air panas sampai empuk lalu tiriskan, setelah itu beri kecam 3 sdm
  • 2 btr telur, rebus dan potong kecil - kecil
  • 2 helai daun bawang
  • Garam, secukupnya
  • 20 btr lada biji
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1/2 gelas air matang
  • Minyak goreng, secukupnya
Cara pembuatannya :
  1. Membuat isi pastel : haluskan lada serta garam sampai halus, lalu tambahkan bawang merah dan bawang putih, haluskan. Setelah itu tumis bumbu yang dihaluskan tadi, setelah itu masukan daun bawang ( iris tipis - tipis ), aduk terus sampai merata. Setelah itu baru masukan kentang, wortel, serta air matang. Aduk - aduk sebentar lalu diamkan sejenak dengan menutup wajan dengan tutup panci. Setelah itu aduk - aduk kembali hingga air mengering, setelah itu masukan bihun, aduk sampai merata, angkat dan sisihkan.
  2. Membuat kulit pastel : Kocok terlebih dahulu telur, lalu masukan terigu. Uleni dengan margarin, garam, serta masukan sedikit demi sedikit air hingga adonan menjadi alis. Setelah menjadi adonan, bagi menjadi beberapa bagian. Setelah itu bentuk adonan tersebut dengan gilingan kayu agar membentuk tipis. Setelah itu cetak menggunakan cetakan pastel.
  3. Setelah kulit dan isi sudah siap, masukan seluruh isi ditambah dengan telur rebus ke dalam kulit pastel. Lakukan terus hingga bahan habis.
  4. Langkah terakhir yaitu menggoreng pasta hingga matang / warna menjadi kecokelatan.
  5. Pastel siap dihidangkan.

Resep cupcake praktis dengan microwave

Resep cupcake praktis dengan microwave merupakan resep membuat cup cakes yang sangat mudah dan tidak menyita banyak waktu. Cup cake sendiri merupakan kue yang dibuat dengan memanfaatkan wadah cup yang biasanya terbuat dari kerta. Cup cake sangat praktis jika anda ingin menyajikannya sebagai hidangan pada saat melakukan arisan ataupun pada saat anda sedang berkumpul bersama dengan keluarga. Jika anda sedang malas membuat, tentu cup cake yang banyak dijual dipasaran bisa menjadi solusi anda. Namun rasa yang ditawarkan tentu saja akan berbeda jika anda membuatnya sendiri di rumah.




Cup cake juga bisa anda gunakan sebagai alternative pilihan jika anda memiliki anak kecil yang sulit untuk makan. Rasa cup cake yang manis memiliki cukup kandungan protein dan karbohidrat, yang paling tidak akan membantu member tambahan energi pada anak anda. Kue cup cake atau terkadang juga kita sebut muffin ini juga sangat pas kita gunakan sebagai pelengkap minum teh pada pagi hari maupun pada sore hari. Kegiatan minum dengan dilengkapi berbagi kudapan, salah satunya dengan cup cake ini sudah menjadi suatu budaya pada banyak masyarakat di seluruh belahan dunia, terutama warga Eropa. Sebagai contoh, warga inggris yang sangat suka mengonsumsi teh, sering melakukan kegiatan atau perjamuan khusus minum teh dengan memakan cup cakes.

Jika anda ingin membuat cup cake namun tidak memiliki waktu yang banyak, memanfaatkan microwave untuk memanggangnya merupakan sebuah solusi yang cerdas dan praktis. Berikut adalah resep membuat cup cake dengan microwave, namanya cupcake coklat kacang kenari

Bahan yang dibutuhkan
  • ¾ cangkir tepung terigu
  • ¾ cangkir gula bubuk
  • 1 sendok makan cokelat bubuk
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sendok makan ekstrak vanila
  • 2 sendok makan kacang kenari yang dihancurkan atau cincang kasar
  • 1 sendok makan baking powder
  • ¼ cangkir minyak goreng
Cara membuat cup cake cokelat kacang kenari
  1. Langkah 1: Kocok dua butir telur dengan mixer hingga mengembang, kemudian secara perlahan tambahkan ekstrak vanilla dan juga gula bubuk. Aduk terus hingga semua bahan bisa tercampur rata dengan sempurna.
  2. Langkah 2: Tambahkan minyak ke dalam adonan kue, dan kemudian mixer sebentar agar semua bisa tercampur dengan rata.
  3. Langkah 3: dengan mixer yang masih terus mengaduk adonan, masukkan tepung terigu secara perlahan-lahan. Terus aduk adonan dengan menggunakan mixer berkecepatan rendah.
  4. Langkah 4: Tambahkan baking powder dan cokelat bubuk, dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Pastikan adonan menjadi lembut dan tidak ada yang menggumpal. Matikan mixer.
  5. Langkah 5: Dengan menggunakan spatula untuk mengaduk, makan masukkan kacang kenari, dan aduk hingga semua bercampur rata.
  6. Langkah 6: Masukkan adonan ke dalam cup kue dan letakkan dalam pinggan untuk microwave.
  7. Langkah 7: setting microwave dengan suhu 170derajat celcius, dan panaskan selama 3 menit.  Setelah itu, masukkan cup cakes dan panggang selama 15menit. Kini Cup cake siap untuk dinikmati.

Resep Salad Buah yang Segar dan Menyehatkan

Salad buah, mungkin bagi anda yang sudah sering mendengarkan sudah tidak asing lagi. Tapi ada beberapa orang yang belum mengetahuinya. Salad adalah satu jenis makanan pembuka yang sangat menyehatkan yang kini sangat banyak disukai oleh orang. Dan kini salad buah juga sudah sangat banyak dijumpai di pinggiran - pinggiran jalan karena banyak pedagang yang sudah menjajakannya.. Tak hanya itu, Salad buah selain sebagai makanan pembuka juga bisa menyehatkan bagi badan kita karena mengandung banyak gizi yang terdapat pada buah-buahan. Tak hanya itu saja, salad buah juga memiliki rasa yang lezat serta memberikan kenikmatan tersendiri saat disantap.



Kelebihan dari salad buah buatan sendiri dibandingkan dengan salad buah yang kita beli yaitu hanya terletak pada jenis buahnya saja, karena jika kita membuatnya sendiri kita dapat memilih jenis buah yang kita inginkan. Tak hanya itu, untuk kualitas buah kita juga bisa memilihnya sendiri. Jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah anda bisa mengikuti langkah - langkah cara pembuatannya yang akan kami sajikan kali ini. Karena Proses pembuatan resep salad buah ini tidaklah terlalu sulit. Selamat mencoba.

Bahan - bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat salad buah ( untuk porsi 4 - 6 orang ) :
Bahan isi :
  • Apel 1 buah, potong dadu
  • Alpukat 1/2 - 1 buah, potong dadu
  • Strawberi 6 buah, iris tipis
  • Cherry 5 buah, belah menjadi dua ( digunakan sebagai pemanis )
  • Kiwi 2 buah, potong dadu
  • Melon 1/2 buah, potong dadu
  • Mangga 1 buah ( Pisahkan dari isinya ), potong dadu
  • Anggur 6 buah, belah menjadi dua
  • Untuk buah anda juga bisa menggantinya ataupun menambahkannya dengan buah yanglain sesuai dengan keinginan anda.
Cara pengolahannya :
  1. cuci dahulu semua bahan sebelum di potong - potong pada air.
  2. selanjutnya potong - potong buah yang sudah dicuci tersebut, dan sisihkan buah yang sudah dipotong tadi di tempat yang berbeda.
  3. lalu barulah campur buah tadi ke dalam satu wadah.
  4. campurkan / tuangkan bumbu salad dalam wadah yang berisikan buah tadi.
  5. selanjutnya taruh leci atau anda juga bisa menambahkan parutan keju atau susu cream lagi di atasnya.
Untuk bumbu salad sendiri ada dua macam, yaitu :
Bumbu 1 :
  • mayones 4 sdm
  • saus tomat 2 - 3 sdm
  • perasan air jeruk nipis ( 1 buah jeruk nipis )
  • campur dan aduk semua bahan dalam 1 wadah
Bumbu 2 :
  • yogurt tanpa rasa ( yogurt plain ), 1/2 - 1 cup
  • madu 1 - 2 sdm
  • kulit buah orang ( parut halus sebagai pewangi ), 1 sdm
  • campur dan aduk semua bahan dalam 1 wadah